TWA Rimbo Panti dan Equator Bonjol Ditutup Lebaran Tahun Ini, Pedagang Hanya Bisa Pasrah


Rabu, 05 Mei 2021 - 12:57:57 WIB
TWA Rimbo Panti dan Equator Bonjol Ditutup Lebaran Tahun Ini, Pedagang Hanya Bisa Pasrah Penampakan TWA Rimbo Panti sebelum pandemi Covid-19 melanda. Ramai dikunjungi warga setiap lebaran Idul Fitri tiba.

LUBUK SIKAPING, HARIANHALUAN.COM -- Sejumlah pedagang di dua kawasan destinasi wisata TWA Rimbo Panti dan Taman Wisata Equator Bonjol di Kabupaten Pasaman menyayangkan penutupan objek wisata itu oleh pemerintah setempat. 

Salah satunya, Erik Daulay. Salah satu pedagang yang tergabung dalam Forum Pedagang Rimbo Panti ini mempertanyakan alasan penutupan dua objek wisata itu oleh pemerintah. Namun, tidak dibarengi pula dengan penutupan objek wisata lainnya. 

Baca Juga : Penyekatan Dimulai, Ratusan Kendaraan Diputarbalik Saat Hari Pertama

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di harianhaluan.com

"Mohon izin. Butuh arahan. Pasaman terdiri dari 12 kecamatan. Di bidang pariwisata, Pasaman memiliki banyak objek wisata. Lalu sisa kecamatan lainnya dianggap tidak perlu diawasi kegiatan sosialnya di bidang wisata. Pemerintah terkesan tebang pilih areal wisata," ucap Erik, Rabu (5/5/2021).

Baca Juga : Pascalarangan Mudik, Dua Maskapai Ini masih Beroperasi di BIM

Ia menyadari, bahwa penutupan dua objek wisata andalan yang dikelola oleh Pemkab Pasaman itu untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Dengan penutupan itu diharapkan tidak ada kerumunan massa. 

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di harianhaluan.com

"Ditengah pandemi ini kita sadar bahwa ada pembatasan terhadap kegiatan sosial, termasuk kegiatan di lokasi wisata. Dan kita menyadari hal itu. Namun, kenapa hanya TWA Rimbo Panti dan Equator saja yang ditutup, yang lainnya tidak," tanya Erik. 

Padahal, kata Erik, kecamatan lain juga memiliki banyak objek wisata andalan yang tentunya nanti akan ramai dikunjungi oleh warga untuk merayakan libur Lebaran dan pasti akan menimbulkan kerumanan massa. 

"Secara pribadi, saya berterima kasih kepada pemerintah daerah yang telah perduli terhadap kecamatan dimana saya berdomisili. Setidaknya dari pembatasan ini membuat kami sedikit terhindar dari Covid," tukasnya. 

Sebelumnya, Bupati Pasaman, Benny Utama lewat surat bernomor: 556/162/Disporapar-2021 sudah menginstruksikan penutupan dua objek wisata tersebut, yakni Taman Wisata Alam Rimbo Panti dan Taman Equator Bonjol.

Penutupan dilakukan sejak 22 April hingga 24 Mei 2021. Hal tersebut untuk mencegah penyebaran Covid-19 selama Idul Fitri 1442 H di wilayah itu. Penutupan tersebut juga berdasarkan hasil rapat Forkompimda setempat, pada 19 April 2021. (*)

Reporter : Yudi Lubis | Editor : Rahma Nurjana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]