Bantah Sirine Meraung-raung Saat Gempa Mentawai, BPBD Agam: Hanya Bunyi Korslet


Rabu, 05 Mei 2021 - 13:33:45 WIB
Bantah Sirine Meraung-raung Saat Gempa Mentawai, BPBD Agam: Hanya Bunyi Korslet Kalaksa BPBD Agam Muhamat lutfi Ar

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Gempa yang terjadi di Mentawai juga ikut dirasakan beberapa daerah di Sumatera Barat (Sumbar), salah satunya di Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam. Informasi yang beradar tentang sirine yang berbunyi lama dan membuat panik warga dibantah oleh Kalaksa BPBD Agam Muhamat lutfi Ar kepada Harianhaluan.com, Rabu (5/5/2021).

"Kami dari BPBD tidak menghidupkan sirene, secara SOP pun itu tidak harus dihidupkan," katanya.

Baca Juga : Penyekatan Dimulai, Ratusan Kendaraan Diputarbalik Saat Hari Pertama

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di harianhaluan.com

Ketika mendengar informasi tersebut kata lufi, ia menurunkan tim ke lapangan untuk mencari data dan informasi di lapangan. Sampai di lapangan, informasi dari masyarakat sekitar tidak ada bunyi sirene yang terdengar di sekitar SMAN 1 Tanjung Mutiara.

Baca Juga : Pascalarangan Mudik, Dua Maskapai Ini masih Beroperasi di BIM

"Sirine yang terletak di Sekolah tidak berbunyi. Kalaupun ada, bunyi yang terdengar seperti tik-tik. Itu kemungkinan terjadi karena korslet, bukan bunyi sirine," kata Lutfi.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di harianhaluan.com

Lutfi menyebutkan masyarakat hanya bereaksi biasa. Guru di sekolah saat terjadi gempa karena merasa khawatir pulang ke rumah masing-masing dan memang saat ini sekolah sedang belajar daring.

Gempa yang terjadi di Kecamatan Tanjung Mutiara dengan kekuatan II skala MMI cukup dirasakan oleh masyarakat. Namun masyarakat tidak begitu panik, karena gempa tidak berlangsung lama. (*)

Reporter : Endrik Ahmad Iqbal | Editor : Rahma Nurjana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]