Sebelum Pemilihan, DPRD Paripurnakan Dua Calon Wawako Hasil Seleksi Pansus


Rabu, 05 Mei 2021 - 21:10:35 WIB
Sebelum Pemilihan, DPRD Paripurnakan Dua Calon Wawako Hasil Seleksi Pansus Ilustrasi (Net)

BATAM,HARIANHALUAN.COM-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri menggelar paripurna penetapan berita acara calon Wakil Walikota Tanjungpinang sisa masa jabatan 2018-2023.

Kedua calon  telah memenuhi persyaratan hasil kualifikasi oleh panitia khusus (Pansus).

Paripurna digelar  bersama calon di gedung DPRD Tanjungpinang, Selasa (4/5/2021). Paripurna digelar melalui tahapan verifikasi dan mekanisme berdasarkan peraturan DPRD Kota Tanjungpinang Nomor 1 tahun 2021 tentang tata cara penyelenggaraan pemilihan Wakil Walikota sisa masa jabatan 2018-2023.

Baca Juga : Dilantik Gubernur, Afrizal-Sulaiman  Resmi Jabat Bupati dan Wabup Rohil

Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) calon Wakil Walikota Tanjungpinang, Hendy Amerta saat konferensi pers kepada wartawan mengatakan, sebelumnya Pansus telah melaporkan kepada pimpinan DPRD Kota Tanjungpinang mengusulkan dua calon Wakil Walikota untuk ditetapkan sebagai Calon Tetap Wakil Walikota dengan meminta video profil kedua calon Wakil Walikota serta meminta 7 Fraksi menyiapkan dua pertanyaan kepada kedua calon Wakil Walikota.

“Kami diberi mandat paling lama 10 hari untuk melakukan pemilihan penetapan calon Wakil Walikota terpilih. Kami di pansus sebanyak 7 orang nantinya akan diawasi oleh masing-masing fraksi untuk mengirimkan anggota dalam pemilihan ini. Kemudian terkait dengan kelengkapan berkas untuk perbaikan syarat calon Wakil Walikota diberikan sampai dengan batas waktu pukul 24.00 WIB,” jelas Hendy seperti dilansir Haluankepri.com, Rabu (5/5/2021).

Lebih lanjut legislator dari PKS ini menambahkan, pada hari Rabu (5/5) tahapan selanjutnya yaitu rapat paripurna penetapan calon Wakil Walikota sisa masa jabatan 2018-2023 Sebagai calon tetap. Pansus pemilihan menyampaikan kelengkapan syarat yang telah dipenuhi oleh calon Wakil Walikota untuk selanjutnya diusulkan menjadi calon tetap Wakil Walikota kepada Pimpinan DPRD dan pembacaan surat keputusan DPRD tentang Penetapan calon Wakil Walikota 2018-2023.

“Sesuai dengan jadwal, pada hari Kamis (6/5) digelar rapat pleno pengundian nomor urut calon Wakil Walikota Tanjungpinang dan esoknya, Jumat (7/5) dilanjutkan rapat paripurna penyampaian pokok-pokok pikiran terhadap visi dan misi Walikota dan Wakil Walikota,” ungkap Hendy.

Dalam penyampaian visi dan misi tersebut lanjutnya, nantinya akan diadakan sesi tanya jawab yang diwakilkan oleh masing-masing calon. Kemudian, pada hari Sabtu (8/5) dilaksanakan gladi dan pengecekan kelengkapan pemilihan. Pada Senin (10/5) digelar rapat paripurna pemungutan suara pemilihan calon Wakil Walikota Tanjungpinang Sisa Masa Jabatan 2018-2023.

Pansus pemilihan nantinya menyerahkan berita acara hasil perolehan penghitungan suara kepada Pimpinan DPRD dalam rapat paripurna untuk ditetapkan sebagai calon terpilih yang ditetapkan dengan Keputusan DPRD dalam rapat paripurna.

“Pemilihan nanti digelar dengan azas keterbukaan dan jika tempat yang disediakan terbatas, maka kami sudah menyiapkan di luar monitor atau layar lebar terbuka. Calon Wakil Walikota yang akan mengikuti pemilihan di hari H nanti melampirkan surat bebas Covid-19 dengan membawa hasil rapid Antigen terbaru,” kata Hendy.

Selanjutnya pada, Selasa (11/5), Ketua DPRD menyampaikan permintaan pengesahan, penetapan dan dokumen hasil pemilihan calon Wakil Walikota Tanjungpinang Sisa Masa Jabatan 2018-2023 Kepada Gubernur melalui Walikota. “Sesuai dengan tata tertib, satu hari setelah tanggal 11 Mei, bagi pihak masing-masing calon bisa mengajukan sanggahan atau keberatan terhadap pemilihan ini,” ujarnya.

Terkait dengan pemilihan calon Wakil Walikota ini sambung Hendy, masing-masing Anggota DPRD Kota Tanjungpinang memiliki hak suara yaitu sebanyak 29 orang. Harusnya 30 orang, dikarenakan salah satu calon yang juga Anggota DPRD Kota Tanjungpinang Ade Angga ikut dalam pemilihan tersebut tidak memiliki hak suara. Hal ini juga sudah dikoordinasikan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang.

“Saat penghitungan suara nanti, kita akan menayangkan secara terbuka dan ada diberikan kertas suara, nomor, gambar dan nama,” jelasnya.

Hendy menambahkan untuk calon yang diusulkan yaitu Ade Angga dari Partai Golkar dan Endang Abdullah dari Partai Gerindra.

Pemilihan akan dilakukan secara terbuka, masing-masing anggota memiliki suara, yang memiliki suara 29 anggota. Panitia mencetak 33 surat suara dan cadangannya 4 suara. (*)

Editor : Dodi | Sumber : Haluankepri.com

BERITA TERKINI Index »

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]