Cegah Kerumunan, Dedi Mulyadi Sarankan Pasar Buka 24 Jam


Kamis, 06 Mei 2021 - 00:30:23 WIB
Cegah Kerumunan, Dedi Mulyadi Sarankan Pasar Buka 24 Jam Anggota DPR RI Dedi Mulyadi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Anggota DPR RI Dedi Mulyadi menyarankan agar pasar dibuka selama 24 jam. Hal itu untuk mencegah kerumuman pengunjung menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri. Dedi mengatakan kerumunan yang terjadi seperti di Tanah Abang menjadi kecemasan semua pihak yang berujung pada saling menyalahkan. 

"Karena Segala sesuatu di Indonesia dikaitkan dengan politik juga kepentingan," ujar Dedi Mulyadi, Rabu (5/5/2021).

Simak Terus Berita Sumbar Hari ini di Harianhaluan.com

Menurutnya setiap menjelang Idul Fitri masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan membeli barang mulai dari pakaian, alat salat hingga panganan ke pasar atau pusat pertokoan lainnya.

Baca Juga : Keren Nih! Kampanye Makan Telur Ayam Menko Airlangga Masuk Rekor MURI

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

"Semua ingin serba baru. Jangankan yang memiliki kecukupan ekonomi, yang tidak pun terkadang mengumpulkan memaksakan agar memiliki kelengkapan untuk hari raya agar serba baru," lanjutnya.

Artinya, kata Dedi, kecenderungan belanja masyarakat memang sulit dicegah. Karena Idul Fitri atau lebaran menjadi momentum perayaan besar satu tahun sekali bagi umat muslim. Di sisi lain antrean atau kerumuman terjadi karena jam operasional pasar dan pusat pertokoan yang dipangkas selama pandemi Covid-19. Hal itu membuat masyarakat datang secara bersamaan agar bisa membeli apa yang diinginkan.

"Saya malah memiliki logika berbeda agar pengunjung tidak terjadi penumpukan buka saja 24 jam. Kalau buka 24 jam maka orang tidak akan berebut berkunjung pada jam sama ke tempat itu. Orang akan santai berbelanja karena waktunya relatif terbuka dan lama," ucapnya.

Ia berharap saran tersebut didengar dan dipertimbangkan menjadi sebuah kebijakan yang berpihak pada masyarakat.

"Ini barang kali salah satu cara. Kita tidak bisa menghindari desakan keinginan publik untuk berbelanja. Tetapi semua orang harus menaati protokol kesehatan. Waktu belanja yang panjang akan sangat mudah mengendalikan pengunjung dan mengajak mereka mematuhi protokol kesehatan," ujar Dedi Mulyadi.(*)

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Merinda Faradianti | Sumber : Rilis media
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]