Jasman Rizal: Tak Ada Larangan Pergerakan Lokal, Tetap Patuhi Prokes


Kamis, 06 Mei 2021 - 13:15:55 WIB
Jasman Rizal: Tak Ada Larangan Pergerakan Lokal, Tetap Patuhi Prokes Jasman Rizal

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Larangan mudik hari ini, Kamis (6/5) resmi diberlakukan. Hal ini diatur dalam Surat Edaran peniadaan mudik dan pengetatan perjalalan untuk penanganan Covid-19 Nomor 13 tahun 2021 di wilayah RI.

Dalam SE tersebut setiap anggota masyarakat dilarang melakukan perjalanan antarkota/kabupaten/provinsi/negara dengan tujuan mudik.

Menanggapi hal itu, Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Sumatera Barat, Jasman Rizal mengatakan informasi tersebut belum dibuat secara resmi oleh pemerintahan pusat.

Baca Juga : Pererat Hubungan Tim, Karyawan Grand Basko Hotel Gelar Baca Yasin Rutin

"Kalau sudah resmi dari pemerintah pusat, kita sebagai warga NKRI akan mengikuti aturan yang ada dari pusat. Sampai sekarang belum ada surat dari pusat atau instruksi yang masuk kepada kita untuk melarang pergerakan warga lokal," ujarnya saat dikonfirmasi harianhaluan.com, Kamis (6/5/2021).

Jasman mengatakan, warga lokal jika dilarang itu akan mempersulit warga untuk berkegiatan. Hal itu masih diperbolehkan, namun kata Jasman istilahnya bukan mudik lokal, melainkan pergerakkan masyarakat antar kabupaten/kota. Jadi untuk saat ini pergerakkan masyarakat masih diperbolehkan dengan syarat masyarakat harus mengikuti protokol kesehatan.

Ia mengimbau kepada kabupaten/kota untuk mengaktifkan kembali karantina, dan mengawasi orang-orang yang datang. (*)

Reporter : Endrik Ahmad Iqbal | Editor : Heldi Satria
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]