Sedih, Ada Orang Tua di India Buang Bayinya yang Kena Corona


Kamis, 06 Mei 2021 - 13:30:07 WIB
Sedih, Ada Orang Tua di India Buang Bayinya yang Kena Corona Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Gelombang kasus infeksi Covid-19 di India sangat mengkhawatirkan. Di tengah krisis fasilitas kesehatan, obat-obatan dan oksigen, ada sebuah insiden kemanusiaan yang memilukan terjadi.
Kali ini seorang ibu dikabarkan membuang bayinya yang berusia dua bulan. Hal itu terjadi pasca rumah sakit menyatakan bayi itu meninggal dunia akibat infeksi Covid-19.

Melansir India Today, hal ini terjadi awal pekan ini. Bayi itu tersebut dilaporkan masih berada ruang jenazah di Rumah Sakit Shri Maharaja Gulab Singh di negara bagian Jammu.

"Bayi itu memiliki masalah jantung bawaan dan meninggal setelah dinyatakan positif Covid-19. Orang tuanya lari segera setelah itu. Mereka meninggalkan rumah sakit tanpa membawa jenazah bayinya," kata seorang petugas di rumah sakit tersebut, dikutip Kamis (6/5/2021).

Baca Juga : Militer Bakar Desa di Myanmar Tengah, Dua Lansia Tewas Terbakar

Staf rumah sakit mengatakan mereka mencoba yang terbaik untuk membujuk orang tua mengambil jenazah. Namun, mereka tidak berhasil. Petugas rumah sakit mencoba untuk menghubungi orang tua tetapi sejauh ini tidak berhasil.

Jenazah sementara disimpan di kamar mayat rumah sakit. Jika orang tua tidak dapat dihubungi atau ditemukan, upacara terakhir bayi akan dilakukan sesuai dengan protokol Covid-19.

Sementara itu angka kematian corona di India hampir menembus 4 ribu per hari. Rumah pemakaman dan kremasi di seluruh pelosok India sudah mulai kewalahan.

Bahkan dilaporkan di beberapa pemakaman lahan sudah mulai penuh. Hal yang sama juga terjadi di krematorium, di mana keluarga jenazah harus membawa kayu bakar sendiri untuk mengkremasi keluarganya. (*)

Editor : Heldi Satria | Sumber : CNBC Indonesia
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]