Gempa Berkekuatan 3,3 Magnitudo Dirasakan di Bukittinggi


Kamis, 06 Mei 2021 - 15:23:00 WIB
Gempa Berkekuatan 3,3 Magnitudo Dirasakan di Bukittinggi Gempa Berkekuatan 3,3 Magnitudo Dirasakan di Bukittinggi

PADANG, HARIANHALUAN.COM-- Hari Kamis, 06 Mei 2021 pukul 13.52 WIB telah terjadi gempa tektonik di Bukittinggi, Sumbar. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M 3.3. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0.29 LS dan 100.26 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada 12 Km barat laut Bukittinggi, Sumbar pada kedalaman 10 Km. 

"Guncangan gempabumi dirasakan di Bukittinggi, Agam II-III MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran, seperti ada truk berlalu,Padang Panjang,Tanah Datar II MMI. Getaran ini dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," kata Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang, Irwan Slamet.
 
Hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 1 aktivitas gempa bumi susulan
     
Irwan mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa sebelum kembali ke dalam rumah," kata Irwan. (*)

Baca Juga : Datang ke Pesisir Selatan, Ombudsman Sumbar Pantau Layanan Publik dan PPBD

Reporter : Sukmahayati | Editor : Heldi Satria

BERITA TERKINI Index »

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]