DPD RI Minta TNI dan Polri Tumpas Habis KKB di Papua


Kamis, 06 Mei 2021 - 17:48:42 WIB
DPD RI Minta TNI dan Polri Tumpas Habis KKB di Papua DPD RI Minta TNI dan Polri Tumpas Habis KKB di Papua

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - DPD RI menilai aksi kriminalitas yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua sudah meresahkan dan tidak dapat ditoleransi lagi.

Salah satu yang menjadi korban KKB adalah Kepala Badan Intelijen Nasional Daerah (Kabinda) Papua, Brigjen TNI Putu IGP Dani NK yang tewas dalam baku tembak antara TNI dengan KKB akhir April lalu. 

"Kami mengharapkan TNI dan Polri dapat segera menumpas KKB sampai ke akar-akarnya," kata Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono dalam Sidang Paripurna DPD RI Masa Sidang V Tahun Sidang 2020-2021, Kamis (6/5/2021). 

Baca Juga : Pakar: Jika RS Rujukan Covid-19 Penuh, Lockdown Harus Dilakukan

Dalam sidang paripurna itu, senator atau anggota DPD RI dari Papua Barat Filep Wamafma menyoroti masalah Papua yang sampai saat ini belum terselesaikan. 

Dirinya menilai penetapan KKB sebagai kelompok teroris oleh pemerintah, justru berpotensi memunculkan eskalasi permasalahan di Papua yang akan mengorbankan warga sipil ataupun TNI di Papua.

Keberadaan Pansus Papua DPD RI yang telah menghasilkan rekomendasi DPD RI juga dinilai belum sepenuhnya dilakukan oleh pemerintah. 

Oleh karena itu, dirinya berharap agar Pimpinan DPD RI dapat segera mengambil langkah dalam penyelesaian permasalahan di Papua. 

“Ini penting sekali, bagi kami senator Papua ada langkah komprehensif dari pimpinan atas penyelesaian masalah ini. Kami berharap Papua tetap damai, aman, dan eksis bersama dengan negara kesatuan republik Indonesia,” harap Filep. (*)

Reporter : Sam | Editor : Heldi Satria
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]