Pascalarangan Mudik, Dua Maskapai Ini masih Beroperasi di BIM


Jumat, 07 Mei 2021 - 15:55:50 WIB
Pascalarangan Mudik, Dua Maskapai Ini masih Beroperasi di BIM Suasana di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pascalarangan mudik. (Endrik)

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Periode pelarangan mudik yang berlaku mulai (6/5/2021) hingga (17/5/2021) di Bandara International Minangkabau (BIM) sudah digelar. Plt Eksekutif General Manager BIM, Imam Muara Ginting mengatakan, bandara tetap beroperasi selama larangan mudik.

Hanya saja, penumpang yang diperbolehkan berangkat hanya penumpang yang memiliki surat tugas. Pemberangkatan penumpang masih dilakukan, namun hanya yang termasuk pengecualian oleh pemerintah pada pelarangan mudik periode ini, yaitu ASN yang memiliki surat tugas dari instansi masing-masing.

"Penerbangan hanya ada dua untuk hari ini, yaitu Garuda Indonesia dan Susi Air. Untuk Susi Air, hanya berlaku penerbangan perintis dan Garuda Indonesia beroperasi untuk keberangkatan dari Padang menuju Jakarta," ujarnya, Jumat (7/5/2021).

Baca Juga : Datang ke Pesisir Selatan, Ombudsman Sumbar Pantau Layanan Publik dan PPBD

Imam mengatakan, pemberangkatan penumpang Garuda Indonesia pada hari ini ada sekitar 50 orang. Sementara, Susi Air kosong, hanya ferry flight saja. Dia menuturkan, pengoperasian BIM saat periode pelarangan mudik masih dilakukan.

"BIM beroperasi dari pukul 08.00 WIB sampai 18.00 WIB. Setelah tanggal (17/5/2021) nanti kembali diberlakukan jadwal pengoperasian bandara mulai pukul 06.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Lebih lanjut, Imam mengatakan ada beberapa pesawat yang tidak beroperasi selama priode pelarangan mudik di BIM, yaitu Sriwijaya Air dan AirAsia. Sementara, Lion Air dan Garuda Indonesia serta Citylink masih beroperasi.

Namun, airline tersebut akan menginformasikan terlebih dahulu kepada pihak BIM akan beroperasi atau tidak sebelum pukul 21.00 WIB. "Mereka akan memberikan informasi H-1 sebelum beroperasi atau tidaknya Airline tersebut kepada BIM," kata Imam. (*)

Reporter : Endrik Ahmad Iqbal | Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]