SKB 3 Menteri tentang Seragam Sekolah Dibatalkan, Ketua LKAAM Sumbar: Negeri Ini Masih Punya Keadilan


Jumat, 07 Mei 2021 - 17:45:46 WIB
SKB 3 Menteri tentang Seragam Sekolah Dibatalkan, Ketua LKAAM Sumbar: Negeri Ini Masih Punya Keadilan Ketua LKAAM Sumbar, M Sayuti Dt Rajo Panghulu.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Ketua LKAAM Sumbar, M Sayuti Dt Rajo Panghulu merasa bersyukur terkait pengabulan permohonan uji materi Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Menteri Agama (Menag) oleh Mahkamah Agung (MA).

Pengabulan tersebut terkait perkara nomor 17 P/HUM/2021 yang diajukan oleh Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumatra Barat. MA menilai SKB itu bertentangan dengan dengan sejumlah pasal dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Simak Terus Berita Sumbar Hari ini di Harianhaluan.com

Kemudian, juga melanggar UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, dan UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 

Baca Juga : Pererat Hubungan Tim, Karyawan Grand Basko Hotel Gelar Baca Yasin Rutin

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

"Alhamdulillah berkat berkah Ramadan juga dan hakim yang kata lain adalah wakil tuhan di muka bimi mengabulkan permohonan kita semua. Namun, hingga kini salinan hasil perkara tersebut belum kami terima," katanya, Jumat (7/5/2021).

M Sayuti Dt Rajo Pangulu mengungkapkan, salinan tersebut belum ia dapatkan. Meskipun begitu, ia tetap menunggu surat salinan tersebut, sehingga keputusan itu bisa menjadi pegangan. Ia juga menuturkan, karena hasil putusan itu banyak pihak yang mengirimkan ucapan selamat kepada LKAAM.

"Kami bersyukur sekali karena hasil tersebut, berarti negeri ini masih punya keadilan dan kebenaran. Mudah-mudahan petikan amar tersebut segera kami dapatkan," tutupnya. (*)

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]