SKB 3 Menteri Soal Seragam Sekolah Dibatalkan MA, Bundo Kanduang: Alhamdulillah, Sudah Ada Titik Terang


Jumat, 07 Mei 2021 - 19:18:04 WIB
SKB 3 Menteri Soal Seragam Sekolah Dibatalkan MA, Bundo Kanduang: Alhamdulillah, Sudah Ada Titik Terang Ketua Bundo Kanduang Sumbar, Reno Raudhatul Jannah Thaib. Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Dikabulkannya permohonan atas uji materi SKB 3 menteri terkait seragam sekolah oleh MA menjadi angin segar atas perjuangan tokoh-tokoh Minangkabau selama ini.

"Alhamdulillah ya, sebagai sebuah langkah, sudah ada titik terangnya," ucap Ketua Bundo Kanduang Sumbar, Reno Raudhatul Jannah Thaib saat dihubungi Harianhaluan.com saat dihubungi melalui telepon pada Jumat (7/5/2021).

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Bundo Kanduang menyatakan syukur dan rasa senang atas berita ini. Menurutnya, selama ini bundo kandung, LKAAM, MUI, Muhammadiyah, hingga tokoh-tokoh Minangkabau telah berjuang untuk menolak aturan SKB 3 Menteri itu. Penolakan tersebut bahkan sudah dibicarakan ke DPRD Sumbar.

Baca Juga : Pemko Padang Panjang Sosialisasikan Peluang Kerja ke Luar Negeri

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa baju kuruang basiba telah disahkan oleh Mendikbud menjadi warisan budaya tak benda pada Desember lalu. Sehingga, ia merasa saat dikeluarkannya SKB 3 menteri terkait aturan seragam sekolah seolah menjadi bumerang bagi Mendikbud.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Menurutnya, kearifan lokal di tiap daerah itu berbeda. Khusus di Minangkabau, kearifan lokalnya telah sejalan dengan agama Islam. Karena sesuai dengan petatah Adaik Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah.

"Mungkin di tempat lain kearifan lokalnya tidak berlandaskan agama, mereka pisahkan antara kearifan lokal dan agamanya, tapi di Minangkabau, budaya kita sudah menyatu dengan Islam," ujarnya.

Namun Bundo Kanduang masih menunggu keputusan final dari SKB 3 Menteri tersebut karena Kepala Pusat Penerangan Kemendagri mengatakan, pihaknya masih akan mempelajari putusan uji materi tersebut. (*)

Reporter : Rani Aprianti | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]