Dinkes Pesisir Selatan Ungkap Pentingnya Edukasi Prokes bagi Anak


Jumat, 07 Mei 2021 - 22:41:03 WIB
Dinkes Pesisir Selatan Ungkap Pentingnya Edukasi Prokes bagi Anak Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, Satria Wibawa.

PESISIR SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Anak-anak menjadi salah satu kalangan yang rentang terpapar Covid-19. Oleh sebab itu, orangtua perlu memberikan edukasi terkait pandemi Covid-19, agar anak mau menerapkan protokol kesehatan sehingga aman dari virus corona.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, Satria Wibawa pada Kamis, (6/5/2021).

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 tak hanya berdampak bagi orang dewasa. Anak-anak pun ikut terkena imbasnya. Aktivitas mereka pun dibatasi, yakni tak bisa bermain dengan teman sebaya. Terlebih, pendidikan saat ini juga melalui daring dan tidak tatap muka.

Baca Juga : Orari Diharapkan Berkontribusi dalam Pembangunan Sumbar

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Artinya, ada banyak kebiasaan baru yang harus dijalankan anak-anak. Bagi anak yang sudah bisa membaca dan mengerti isinya, mungkin akan lebih mudah memahami adanya pandemi ini. Namun, bagi anak yang masih berusia di bawah lima tahun akan lebih sulit memahami.

Oleh karenanya, peran orangtua sangat dibutuhkan. Para orang tua mestinya memberi edukasi terkait pandemi ini. Dengan itu, diharapkan anak akan patuh terhadap protokol kesehatan, sehingga mengurangi risiko mereka terpapar Covid-19.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

"Ini memang menjadi tantangan orang tua karena enggak semua anak mudah untuk dikasih tahu. Jadi harus menggunakan bahasa yang nyambung," katanya.

Satria Wibawa menjelaskan, orang tua semestinya bisa menjadi role model bagi anaknya. Misalnya dengan rajin cuci tangan dengan sabun, menggunakan masker, atau menjaga jarak. Kebiasaan-kebiasaan itu nantinya akan mudah diikuti oleh anak.

"Tapi jangan menakut-nakuti anak. Nantinya anak bisa stres karena terlalu takut dengan Covid-19. Kita cukup memberi pemahaman dan bagaimana cara yang tepat agar terhindar dari Covid-19," imbuhnya.

Selain itu, orang tua juga bisa menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan bagi anak di rumah. Pasalnya, selama pandemi Covid-19, masyarakat diminta untuk meminimalisasi kegiatan di luar rumah.

Oleh karenanya, menurut Satria Wibawa, orang tua dituntut kreatif agar anak tetap mendapatkan hak tumbuh kembang dengan berkegiatan menyenangkan di rumah. (*)

Reporter : Rani Aprianti | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]