Mahasiswa Demo Pemkab Pasaman Barat Tuntut Usut Polemik RS Ujung Gading


Jumat, 07 Mei 2021 - 23:48:43 WIB
Mahasiswa Demo Pemkab Pasaman Barat Tuntut Usut Polemik RS Ujung Gading Puluhan mahasiswa yang tergabung di dalam Aliansi Mahasiswa Pasaman Barat (Pasbar) lakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Bupati Kabupaten Pasbar, Jumat (07/05/21) sore

PASAMAN BARAT, HARIAN HALUAN.COM - Puluhan mahasiswa yang tergabung di dalam Aliansi Mahasiswa Pasaman Barat (Pasbar) melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Bupati Kabupaten Pasbar, Jumat (07/05/21) sore. Aksi tersebut terpaksa dilakukan mahasiswa, setelah beberapa upaya tuntutan mereka tidak menemui titik terang dan belum ditanggapi oleh Pemkab Pasbar.

Dalam aksi tersebut, mahasiswa meminta, Pemkab Pasbar segera menanggapi serta merealisasikan tiga poin tuntutan mereka. Adapun isi tuntutan dari mahasiswa tersebut yang pertama, Pemkab Pasbar mengusut tuntas dan mengoperasikan Rumah Sakit Pertama Ujung Gading, kedua, mengusut tuntas aliran dan permasalahan CSR di Pasbar yang tidak pro rakyat, ketiga, menyelesaikan permasalah dan memberikan perhatian kepada bangunan SDN 26 Lembah Melintang yang saat ini kondisinya memperhatikan.

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Koordinator Umum Aksi Aliansi Mahasiswa Pasbar Bergerak, Agung Fio Marisginta MTD dalam orasinya mengatakan, aksi ini terpaksa mereka lakukan setelah beberapa upaya mereka tidak mendapatkan titik terang. Mereka mengaku sudah pernah menyurati Pemkab Pasbar untuk melakukan diskusi dalam upaya menyelesaikan sejumlah permasalahan yang sering muncul di tengah masyarakat.

Baca Juga : Datang ke Pesisir Selatan, Ombudsman Sumbar Pantau Layanan Publik dan PPBD

"Kita sudah menyurati Pemkab Pasbar untuk melakukan diskusi, terlebih dalam hal yang menyangkut masalah kesehatan dan pendidikan," ujarnya.

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Agung menambahkan, kehadiran Rumah Sakit Pratama yang sudah menghabiskan dana puluhan miliar, hingga saat ini belum juga di operasikan dan menjadi pertanyaan besar di tengah masyarakat. Begitu juga dengan aliran dana CSR dengan nilai yang fantastis juga belum mendapatkan titik terang.

"Ini keluhan masyarakat pak, kami minta aspirasi ini didengar dan direalisasikan segera," pungkasnya.

Aksi di tengah hujan dengan pengamanan dari Polres Pasbar, TNI dan Satpol PP tersebut disambut oleh Wakil Bupati Kabupaten Pasbar, Risnawanto bersama Sekda dan sejumlah pejabat OPD lainnya. mahasiswa diminta menyampaikan aspirasi dengan baik dan damai.

Menyikapi tiga tuntutan tersebut, Wakil Bupati Pasbar, H. Risnawanto menuturkan, tiga tuntutan mahasiswa tersebut sebelumnya sudah diproses dan saat ini terkendala dengan regulasi, termasuk pengoperasian RS Pratama Ujung Gading. Sementara penyaluran CSR juga sesuai regulasi dan mekanisme. Sedangkan kondisi SDN 26 Lembah Melintang sudah diproses, namun terkendala pandemi covid-19.

"Kami pemerintah Daerah siap menerima aspirasi masyarakat dan melakukan diskusi dalam mencarikan jalan keluar permasalahan yang terjadi," kata Risnawanto.

Usai menggelar orasi dan menyampaikan tuntutan, para mahasiswa yang menggelar aksi terlihat membubarkan diri dengan baik dan kembali ke rumah masing-masing dengan aman dan tertib. (*)

Reporter : Muhammad Fadli | Editor : Milna Miana

BERITA TERKINI Index »

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]