Aturan Privasi Baru WhatsApp Berlaku 15 Mei, Ini Nasib Akunmu


Sabtu, 08 Mei 2021 - 08:20:56 WIB
Aturan Privasi Baru WhatsApp Berlaku 15 Mei, Ini Nasib Akunmu Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Aturan privasi baru WhatsApp akan mulai berlaku 15 Mei 2021. Namun sikat aplikasi bertukar pesan ini milik Facebook ini melunak dari sebelumnya.

Bila sebelumnya WhatsApp mengancam akan menonaktifkan sementara akun yang tidak menyetujui kebijakan baru itu dan menghapuskan setelah 120 hari. Kini sikap yang diambil berbeda.

Dalam pernyataan terbarunya, WhatsApp tidak menonaktifkan akun yang tidak menerima aturan privasi baru WhatsApp tetapi mereka akan tetap memperingatkan pengguna untuk menerima kebijakan tersebut.

Baca Juga : Dukung Aktivitas Digital Pelanggan, 3 Indonesia Berikan Kuota Besar dengan Harga Hemat

"Meski sebagian besar pengguna telah menerima persyaratan baru ini, kami menghargai beberapa orang yang belum menerimanya," ujar WhatsApp seperti dihimpun dari The Next Web, Sabtu (8/5/2021).

"Tak ada akun yang akan dihapus pada 15 mei karena pembaruan ini dan tidak ada satu pun akun yang akan kehilangan fungsionalitas WhatsApp. Kami akan menindaklanjuti dengan pengingat kepada orang-orang selama beberapa minggu ke depan."

Melunaknya sikap WhatsApp atas mereka yang menolak aturan privasi baru WhatsApp ditengarai karena aplikasi milik Facebook ini khawatir ditinggal pengguna. Pada awal tahun ketika kebijakan privasi baru ini diperkenalkan sejumlah pengguna mengancam akan beralih ke pesaing seperti Telegram dan Signal.

Isi Aturan Privasi Baru WhatsApp

Inti dari aturan kebijakan privasi baru WhatsApp adalah pengguna mengizinkan WhatsApp membagikan data pengguna kepada induknya Facebook. Praktik pembagian data dengan Facebook telah lama dijalankan oleh WhatsApp.

Data yang dibagikan ke Facebook seperti level baterai, kekuatan sinyal perangkat, versi aplikasi, informasi browser, jaringan seluler, informasi koneksi (termasuk nomor telepon, operator seluler atau ISP), bahasa dan zona waktu, alamat IP, informasi sistem operasi perangkat, dan identifikasi unik terkait dengan perangkat atau akun yang sama.

WhatsApp sendiri mengatakan kebijakan privasi tidak mengubah cara berkomunikasi antar pengguna. End-to-end encryption juga tetap digunakan dalam seluruh pesan, yang artinya WhatsApp tidak bisa mengintip pesan pengguna, dikutip dari situs WhatsApp

Melansir BGR, pihak WhatsApp memastikan perusahaan tidak bisa melihat lokasi yang dibagikan pengguna. Bahkan juga tidak akan memberikan kontak penggunanya pada Facebook. (*)

Editor : Heldi Satria | Sumber : CNBC Indonesia
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]