Tips Menghafal Alquran dari Putri Sakinatu, Juara 1 Musabaqah Hifdzil Quran Tingkat Nasional


Sabtu, 08 Mei 2021 - 15:18:10 WIB
Tips Menghafal Alquran dari Putri Sakinatu, Juara 1 Musabaqah Hifdzil Quran Tingkat Nasional Hafizah MHQ Tingkat Nasional, Putri Sakinatu Ramadhan

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Putri Sakinatu Ramadhan, Mahasiswi Program Studi Analisis Kimia semester 2 Politeknik ATI Padang ini, telah berhasil menorehkan prestasi yang luar biasa sebagai Juara terbaik 1 Putri Cabang Musabaqah Hifzhil Quran Tingkat Nasional dalam lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an Antar Mahasiswa Politeknik/Akademi Komunitas di Lingkungan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia yang dilaksanakan secara online pada Tanggal 18- 30 April 2021.  

Putri lahir di Bukittinggi, 28 November 2001 dan saat ini  tinggal di Padang, menyatakan bahwa dia sangat bersyukur atas prestasi yang diperolehnya tersebut. Hal ini menjadi tantangan berat baginya untuk terus menjaga hafalan ke depannya, Sabtu, (8/5/2021).

Ia menceritakan, saat lomba tersebut mendapatkan satu soal paket yang terdiri dari 3 surat, yakni surat Albaqarah Ayat 37, Surat Albaqarah Ayat 121 dan Surat  Al-A’la. "Saat lomba, di soal ketiga sempat keliru, namun alhamdulillah bisa memperbaiki kekeliruan itu tanpa dibantu dewan juri," terangnya. 

Baca Juga : Apa Tujuan dan Manfaat Vaksin Covid-19? Ini Penjelasan Kabiddokkes Polda Sumbar

Putri lalu menceritakan tips keberhasilannya mampu menghafal alqur’an hingga saat ini adalah dari kebiasaan yang dia lakukan sehari-hari “Setiap selesai sholat Subuh disempatkan membaca/menghafal Al-Quran. Setelah jam kuliah Daring usai, membantu orangtua dalam berbagai hal, kemudian mengajar di TPA Musholla Assa’adatul Hikmah. Maghrib kembali membaca Al-Qur’an. Selain melatih otak dalam mempertahankan daya ingat, kita juga mendapat ganjaran di akhirat. Seperti yang diketahui, penghafal Quran akan mendapat surga dan  memberikan jubah serta mahkota terbaik untuk orang tuanya kelak’’ demikan paparnya.

Motivasinya mengikuti lomba ini adalah ingin mengukur seberapa jauh hafalan Al-Qur’annya, di samping itu dia  ingin menambah pengalaman mengikuti lomba di bidang tahfiz karena sebelumnya pernah meraih juara 3 mengikuti lomba yang dilaksanakan ATIP Padang, namun di cabang tilawah.

"Jadi, mari kita lakukan kegiatan yang dapat bermanfaat baik di dunia maupun akhirat. Jangan habiskan waktu dengan gadget saja," tutur Putri mengakhiri pembicaraan. (*)

Reporter : Sukma Hayati | Editor : Rahma Nurjana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]