Sikapi SE Kemenag, Buya Gusrizal Gazahar: Jangan Kambing Hitamkan Agama dalam Penanganan Covid-19


Sabtu, 08 Mei 2021 - 16:19:53 WIB
Sikapi SE Kemenag, Buya Gusrizal Gazahar: Jangan Kambing Hitamkan Agama dalam Penanganan Covid-19 Ketua MUI Sumatera Barat (Sumbar) Buya Gusrizal Gazahar

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Menyikapi Surat Edaran Kementrian agama  RI, Ketua MUI Sumatera Barat (Sumbar) Buya Gusrizal Gazahar mengatakan jangan menjadi tidak profesional dengan melarang pelaksanaan salat Ied. Sementara salat tarawih dan salat jumat saja masih berjalan aman. 

"Berfatwa itu tidak boleh seenaknya saja, terlebih melarang," kata Buya Gusrizal.

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di harianhaluan.com

Baca Juga : Pemko Padang Panjang Sosialisasikan Peluang Kerja ke Luar Negeri

Ia menghimbau para pakar dan semua pihak yang bertanggung jawab untuk tidak memandang agama terus yang membebani penanganan Covid-19. Sementara hanya berfokus pada kesehatan atau ekonomi saja. Momentum beribadah jangan dikambing hitamkan dalam penanganan Covid-19. Seharusnya dicari solusi agar dapat beribadah dengan aman. Dan itu semangat yang diharapkan dari pemerintah dan dari pihak terkait.

"Jangan sampai semangat keimanan menurun dan tingkat ketaatan beribadah menurun. Ini akan menjadi bahaya besar bagi bangsa ke depannya," ujarnya.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di harianhaluan.com

Dulu MUI Sumbar pernah meminta menghentikan kegiatan salat berjamaah secara menyeluruh. Namun sekarang tidak dilakukan lagi. Seharusnya lebih penting untuk mengatur pasar dan kafe yang masih buka malam hari.

"Apakah harus meninggalkan agama karena Covid-19. Ini bukan sekedar wabah saja yang terjadi, tapi fitnah juga terjadi yang merongrong dan menggoyah prinsip kehidupan beragama," kata Buya Gusrizal.

Hal hal yang bersifat seremonial kata buya, dan tidak menjadi ketentuan selama idul fitri seperti halal bihalal, reunian atau open house tidak usah dilaksanakan.

"Hal yang seperti itu dilarang tidak apa-apa. Bahkan dana open hause itu bisa dibagikan kepada masyarakat fakir miskin," katanya. (*)

Reporter : Endrik Ahmad Iqbal | Editor : Rahma Nurjana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]