Loka POM Dharmasraya Imbau Masyarakat Waspada Produk Pangan Tak Layak Edar


Sabtu, 08 Mei 2021 - 20:38:57 WIB
Loka POM Dharmasraya Imbau Masyarakat Waspada Produk Pangan Tak Layak Edar Peninjauan ke salah satu pasar tradisional oleh Loka POM Dharmasraya bersama unsur terkait belum lama ini.

PULAU PUNJUANG, HARIANHALUAN.COM - Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) wilayah Kabupaten Dharmasraya mengimbau masyarakat mewaspadai peredaran produk pangan yang tak layak edar akibat kedaluwarsa atau kemasan rusak. 

Kepala Loka Pengawas Obat Dan Makanan di Kabupaten Dharmasraya, Asrianto melalui siaran persnya di Dharmasraya, Sabtu (8/5/2021) mengatakan, selain tak layak edar pihaknya juga terus melakukan pengawasan terhadap kemungkinan adanya bahan makanan atau makanan siap saji yang mengandung bahan berbahaya dan beracun. 

"Kami berkomitmen untuk melindungi masyarakat dari bahaya obat dan makanan yang dapat merugikan kesehatan, termasuk dalam pengawasan pangan saat Ramadan, yakni makanan untuk berbuka puasa dan pangan menjelang hari raya Idul Fitri 2021/1442 Hijriah," ungkapnya. 

Baca Juga : Keren Nih! Morula IVF Padang Hadir di Kota Bingkuang untuk Pasangan yang Mendambakan Buah Hati

Hal tersebut, lanjutnya, dalam pelaksanaannya melibatkan Pemerintah Daerah sebagaimana diatur dengan amanat Inpres 03 tahun 2017 tentang Peningkatan Efektifitas Pengawasan Obat dan Makanan yang harus melibatkan banyak pemangku kepentingan. 

Ia mengatakan, untuk tahun ini pihak Loka POM telah melakukan pengawasan pangan untuk buka puasa (takjil) di Kabupaten Dharmasraya dan Kabupaten Sijunjung bersama dengan organisasi perangkat daerah terkait, diantaranya Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan Perindustrian UMKM, Dinas Pangan Perikanan. 

“Dari hasil pengawasan pangan buka puasa hingga minggu ketiga bulan Ramadan, tidak dijumpai adanya bahan berbahaya dalam sampel yang kita periksa," tegasnya.

Menurutnya, dari 33 sampel yang diuji masing-masing sebanyak 22  sampel asal Kabupaten Dharmasraya dan 11 di Kabupaten Sijunjung dengan hasil memenuhi syarat. Artinya, lanjut dia, tidak dijumpai bahan berbahaya seperti borax yang biasa dalam kerupuk, bakso dan mie begitu juga pewarna kuning metanil, rodhamin dan pengawet formalin. 

Namun, ulasnya, hal lain yang harus diwaspadai adalah faktor hygiene dan sanitasi baik dari pangannya, penjual, lokasi dan penyajiannya. Sementara untuk pengawasan pangan menjelang hari raya Idulfitri 1442 Hijriah/2021, pihak Loka POM juga telah melakukan pemeriksaan di Kabupaten Sijunjung pada 6 sarana dengan hasil 4 TMK dan 2 MK dan di Dharmasraya dengan 8 sarana dengan hasil 6 MK dan 2 TMK. 

Dari hasil pengawasan tersebut, ditemukan adanya peredaran produk pangan rusak dan pangan kedaluarsa di sarana yang diperiksa. Seluruhnya sudah ditindaklanjuti bersama instansi terkait berupa pengembalian ke pemasok atau pengamanan produk yang tidak memenuhi syarat. 

“Loka POM Dharmasraya akan selalu hadir untuk masyarakat Dharmasraya dan Sijunjung. Sehingga peredaran obat dan makanan ke masyarakat dapat terus dipantau," tutupnya. (*)

Reporter : Rully Firmansyah | Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]