Berikut Aturan Pelaksanaan Salat Idul Fitri 1442 Hijriah di Sumbar


Ahad, 09 Mei 2021 - 13:25:36 WIB
Berikut Aturan Pelaksanaan Salat Idul Fitri 1442 Hijriah di Sumbar Gubernur Sumbar H. Mahyeldi Ansharullah

PADANG, HARIANHALUAN.COM- Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah  menyampaikan aturan tentang pelaksanaan shalat hari Raya Idul Fitri  dalam Surat Edaran Nomor 08/ED/GSB-2021. Dalam SE tersebut disampaikan Shalat Idul Fitri dapat dilaksanakan  dengan ketentuan berikut:

Simak Terus Berita Sumbar Hari ini di Harianhaluan.com

1.    Dapat dilaksanakan di masjid atau lapangan terbuka dengan memperhatikan protocol Kesehatan (Prokes) secara ketat pada daerah yang dinyatakan aman dari penyebaran Covid-19, yaitu daerah zona kuning dan zona hijau, berdasarkan penetapan zonasi daerah oleh Satgas Covid-19 Provinsi Sumbar yang dikeluarkan setiap hari Minggu.
2.    Dilaksanakan di rumah masing-masing pada daerah penyebaran Covid-19 yang tergolong tinggi, yaitu daerah zona merah dan zona oranye berdasarkan penetapan zonasi daerah oleh Satgas Covid-19 Provinsi Sumbar yang dikeluarkan setiap hari minggu.
3.    Dalam hal pelaksanaan shalat Idul Fitri yang dilakukan di masjid atau lapangan terbuka, wajib memperhatikan Prokes secara ketat dan berpedoma pada Surat Edaran Menteri Agama Republik Indonesia Nomor Se 07 tahun 2021 tentang panduan penyelenggaraan shalat Idul Fitri tahun 1442 hijriah/2021 masehi disaat pandemic Covid-19.

Baca Juga : Pemko Padang Panjang Sosialisasikan Peluang Kerja ke Luar Negeri

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Selain itu, kata Mahyeldi,  juga mempedomani Surat Edaran  Menteri Dalam Negeri Nomor 800/2794/SJ tentang pembatasan kegiatan buka puasa bersama pada bulan Ramadhan dan pelarangan open house/ halal bihalal pada hari Raya Idul Fitri 1442 hijriah/2021 masehi .
“Tidak dianjurkan melakukan acara open hause, halal bihalal, reunion dan pertemuan lain yang berpotensi menimbulkan adanya kerumunan,’ katanya. (*)

Reporter : Endrik Ahmad Iqbal | Editor : Heldi Satria
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]