Wagub Sumbar Bakal Perjuangkan Normalisasi Batang Sumani ke Pusat


Senin, 10 Mei 2021 - 11:18:25 WIB
Wagub Sumbar Bakal Perjuangkan Normalisasi Batang Sumani ke Pusat Wagub Sumbar Audy Joinaldy.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy mengatakan, normalisasi Sungai Batang Sumani perlu dilakukan untuk mengantisipasi sering terjadinya banjir di Kabupaten Solok.

"Kita harus mulai berfikir membangun nagari. Namun dalam Rencana Pembangunan Jangan Menengah Daerah (RPJMD) masih banyak program dari Kabupaten Solok yang belum masuk ke provinsi, termasuk normalisasi Sungai Batang Sumani ini," ujar Audy Joinaldy, Senin (10/5/2021).

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Terkait normalisasi sungai, sambung Audy Joinaldy, pihaknya akan membicarakan dan membahas lebih lanjut hingga ke tingkat pusat.

Baca Juga : Datang ke Pesisir Selatan, Ombudsman Sumbar Pantau Layanan Publik dan PPBD

"Kita akan duduk bersama, dan dorong untuk tahun ke depan berbagai program, salah satunya akan normalisasi sungai, karena membutuhkan dana hingga ratusan miliar," kata Audy Joinaldy.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Menanggapi hal tersebut, harus ada tim yang turun ke lapangan, dan betul-betul memetakan. Pasalnya, dana normalisasi sungai langsung dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yaitu dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dari APBD Sumbar tidak akan sanggup karena butuh biaya besar.

Audy Joinaldy juga menjelaskan, tujuan normalisasi sungai yaitu untuk mengendalikan banjir, dan irigasi utk pengairan sawah.

"Program dari Kabupaten Solok belum masuk ke dalam RPJMD Provinsi, dan kami minta ini disegerakan. Jadi ini harus sama-sama kita perjuangkan di tahun depan," ujar Audy Joinaldy lagi.

Sebelumnya, Walinagari Batang Barus, Samsul Azwar berharap Sungai Batang Sumani di Lubuk Selasih menjadi perhatian dan diprioritas utk normalisasi sungainya.

Menurut Samsul, selama ini pemerintah hanya terfokus dalam rangka mengantisipasi banjir yang di bagian hilir saja, sementara batang Barus Lubuk Selasih merupakan hulunya yg harus dibenahi juga.

"Kita ingin melihat bagaimana normalisasi hulu itu yang lebih diutamakan, sebab dari sumber hulu Batang Sumani sehingga aliran ini yang mempengaruhi yang mengakibatkan debit air di daerah hilir," ujar Samsul.

Samsul berharap, selain mengatasi terjadinya banjir, namun juga prospek wisata pengairan persawahan masyarakat terantisipasi dengan baik. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]