Waspada, Ditemukan Rhodamin B di Cendol Delima Pasar Bandar Buat Padang


Senin, 10 Mei 2021 - 11:48:13 WIB
Waspada, Ditemukan Rhodamin B di Cendol Delima Pasar Bandar Buat Padang Ditemukan Rhodamin B di Cendol Delima Pasar Bandar Buat Padang

PADANG, HARIANHALUAN.COM- Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan makanan (BBPOM) di Padang Firdaus Umar menyebutkan dari 86 sampel yg diuji cepat, ditemukan 2 sampel mengandung Rhodamin B (pewarna merah) berupa cendol delima dan delima mentah. Hal tersebut disampaikannya di aula BBPOM di Padang, Senin (10/5/2021).

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Firdaus mengatakan, sampel yang mengandung Rhodamin B diperoleh dari daerah di pasar Bandar Buat. Sementara di tempat lain masih memenuhi syarat. "Kita sudah lakukan pengecekkan di beberapa tempat. Hasilnya, di pasar Bandar Buat ditemukan takjil cendol delima yang mengandung zat berbahaya.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Terkait sarana distrubusi, kata Firdaus, dari 63 sarana 54 sarana memenuhi ketentuan dan 9 tidak memenuhi ketentuan. Sebanyak 9 saran yang tidak memenuhi ketentuan diantaranya merupakan pangan tanpa ijin edar, pangan rusak dimana kemasannya penyok dan berkarat, serta pangan kadaluarsa. 

Baca Juga : Hadiri Wisuda TK dan SMP Adz-Zikra, Wako Padang Hendri Septa Beri 'Reward'

"Terhadap pemilik sarana sudah dilakukan pembinaan. Jika nanti terdapat unsur kesengajaan dan penyalahgunaan dari temuan ini akan ditindak lanjuti," ujarnya.

Firdaus menyebutkan, dibanding tahun 2020 ada perbedaan, karena saat itu awal pandemi dan ada pembatasan kegiatan. Sehingga pengawasan dilakukan secara terbatas. Tahun 2020 dilakukan pengawasan terhadap 45 sampel, 2 diantaranya mengandung bahan berbahaya Rhodamin B pada cendol delima.

"Pada tahun ini lebih banyak dilakukan pengawasan yaitu pada 86 sampel. Dan zat berbahaya yang ditemukan masih Rhodamin B pada cendol delima," ujarnya. (*)

Reporter : Endrik Ahmad Iqbal | Editor : Heldi Satria
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]