Baznas Pasaman Salurkan Zakat untuk Mustahik, Totalnya Rp134,5 Juta


Selasa, 11 Mei 2021 - 07:32:27 WIB
Baznas Pasaman Salurkan Zakat untuk Mustahik, Totalnya Rp134,5 Juta Ilustrasi

LUBUK SIKAPING, HARIANHALUAN.COM - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasaman menyalurkan bantuan zakat di bulan Ramadhan 1442 H/2021 M sebesar Rp 134,5 juta. Zakat tersebut diserahkan kepada ratusan mustahik. 

Ketua Baznas Kabupaten Pasaman, Habibullah, S.Ag, MH mengatakan, bahwa Baznas setempat telah menyalurkan zakat senilai Rp 134,5 juta kepada tiga kelompok penerima zakat atau mustahik di wilayah setempat.

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di harianhaluan.com

Baca Juga : Orari Diharapkan Berkontribusi dalam Pembangunan Sumbar

"Betul, zakat untuk jompo, KK miskin dan cleaning service (CS) tersebut diserahkan langsung oleh kepala daerah pada bulan Ramadhan," kata Habibullah, Senin (10/5/2021).

Dikatakan, sebanyak 426 orang tercatat sebagai penerima manfaat zakat untuk bulan Ramadhan tahun 2021 ini. Jumlah itu terdiri atas, 140 jompo, 140 KKM dan 146 CS. 

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di harianhaluan.com

"Bantuan zakat untuk kelompok jompo dan KKM disalurkan pada saat kunjungan safari Ramadhan kepala daerah ke 14 masjid," kata Ketua MUI Pasaman ini. 

Adapun rincian bantuan zakat untuk masing-masing kelompok, yaitu jompo sebesar Rp300 ribu per orang, KKM Rp400 ribu per orang dan CS Rp250 ribu per orang.

"Jadi, total bantuan untuk Jompo sebesar Rp42 juta, KKM Rp56 juta dan cleaning service Rp36,5 juta," katanya. 

Habib berharap, bantuan zakat Baznas itu dapat membantu meringankan beban hidup para penerima zakat, khususnya saat menghadapi lebaran Idul Fitri yang tinggal hitungan hari. 

"Harapan kita, bantuan itu dapat dipergunakan, dimanfaatkan oleh mustahik sebaik mungkin. Pergunakan untuk memenuhi kebutuhan bukan untuk difoya-foyakan," tukas Habib. (*)

Reporter : Yudi Lubis | Editor : Nova Anggraini
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]