Gelombang Tinggi, Nelayan di Padang Bisa Habiskan Waktu 12 Jam Mencari Ikan


Selasa, 11 Mei 2021 - 12:52:27 WIB
Gelombang Tinggi, Nelayan di Padang Bisa Habiskan Waktu 12 Jam Mencari Ikan Nelayan di Padang saat memeriksa kapal.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Gelombang tinggi masih terus terjadi di Perairan Sumbar. Akibatnya, hasil tangkapan para nelayan di provinsi itu mengalami penurunan.

Salah satunya dirasakan oleh Joni. Dia bersama nelayan lainnya mengaku dengan seringnya gelbang tinggi yang terjadi di perairan Sumbar membuat waktu untuk mencari ikan menjadi lama, lebih kurang membutuhkan 12 jam.

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

"Kalau terjadi gelombang tinggi di laut hasil tanggapan pasti menurun. Ya kalau gelombang tinggi waktu mencari ikan jadi lama," kata Joni, Selasa (10/5/2021).

Baca Juga : Hadiri Wisuda TK dan SMP Adz-Zikra, Wako Padang Hendri Septa Beri 'Reward'

Joni menyebutkan, kalau mencari ikan para nelayan berangkat sore. Namun adanya gelombang laut pulangnya baru pagi hari. Dia mengatakan, sebagai nelayan tradisional hanya menggunakan alat tanggap seadanya.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Joni pun tidak berani untuk melaut terlalu jauh ke tengah. Mencari ikan hanya di tepi pantai, dia khawatir dengan adanya gelombang laut yang bisa mengancam keselamatan dirinya bersama nelayan lainnya.

“Memang kondisi saat sekarang susah, gelombang tinggi, hasil tangkapan sedikit, ya paling paling ikannya ramas atau campur, itupun tidak banyak, kecil-kecil lagi,” tutur Joni.

Joni menambahkan, nelayan tradisional di samudera ini hanya beranggotakan 8 (delapan) orang. Melaut dengan menggunakan alat tangkap tradisional. Dia berharap, pada dinas dan instansi terkait untuk dapat memperhatikannya. Hingga saat ini belum satupun bantuan yang diterimannya.

“Kami hanya sedikit, tidak ada kelompok dan bantuan apapun terhadap nelayan hingga saat ini belum di dapatinya,” harapnya. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]