Mudik Lebaran, Angkutan Umum di Sumbar Periksa Kelaikan


Selasa, 11 Mei 2021 - 13:12:03 WIB
Mudik Lebaran, Angkutan Umum di Sumbar Periksa Kelaikan Razia itu merupakan razia khusus terhadap angkutan umum dan bus.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Langkah mengoptimalkan realisasi Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 13 tahun 2021 dan Surat Edaran dari Satgas Penangangan Covid-19 terkait larangan mudik yang diberlakukan pemerintah mulai 6-17 Mei 2021.

Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Wilayah III Sumbar melalukan permeriksaan kelaikan angkutan umum yang digunakan, serta kelengkapan surat-surat kendaraan untuk transportasi mudik lebaran, serta meninjau Pool Angkutan Kota Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang beroperasi di provinsi itu.

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

“Setiap angkutan umum wajib memiliki surat-surat kendaraan dan perizinan yang sah selama melakukan perjalanan. Dalam hal ini Dishub juga melakukan pemeriksaan terhadap kondisi kendataan mulai dari rem, pemecah kaca, lampu-lampu dan memeriksa kondisi ban," ungkap Kepala BPTD Kemenhub Wilayah III Sumbar, Deni Kusdiana.

Baca Juga : Datang ke Pesisir Selatan, Ombudsman Sumbar Pantau Layanan Publik dan PPBD

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Menurut Deni, pengecekan terhadap moda transportasi tersebut, akan secara rutin dilakukan mengingat tingginya mobilitas bus AKAP yang semakin diminati masyarakat akhir-akhir ini.

“Untuk angkutan Antar Kota Dalam Propoinsi AKDP, meski tidak ada penyekatan yang dilakukan pentugas di lapangan, BPTD Sumatera Barat juga menyarankan masyarakat agar tidak melakukan mudik, sebagai antisipasi semakin melonjaknya angka positif covid-19 di Sumatera Barat," pungkasnya. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]