Prediksi Cuaca di Sumbar Saat Idul Fitri dari BMKG


Selasa, 11 Mei 2021 - 14:17:10 WIB
Prediksi Cuaca di Sumbar Saat Idul Fitri dari BMKG Yudha Nugraha

PADANG, HARIANHALUAN.COM- Cuaca pada saat hari raya Idul Fitri 1442 hijriah pada Kamis (13/5) mendatang, kondisi cuaca berpotensi terjadi hujan pada siang hingga malam hari dengan intensitas hujan sedang hingga lebat. Hal tersebut disampaikan Kepala Seksi BMKG Minangkabau, Yudha Nugraha kepada harianhaluan.com, Selasa (11/5/2021).

Daerah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat terjadi di wilayah Pasaman Barat, Agam, Pasaman, Lima Puluh Kota, Bukittinggi, Payakumbuh, Tanah Datar, Padang Panjang, Padang Pariaman, Sawahlunto dan Solok. 

"Intensitas hujan ringan hingga sedang berpotensi terjadi di wilayah Padang, Pariaman, Pesisir Selatan dan Kepulauan Mentawai. Durasi atau waktu kejadian relatif sama pada siang hingga malam hari," kata Yudha.

Baca Juga : Pemko Padang Panjang Sosialisasikan Peluang Kerja ke Luar Negeri

Bagi yang akan melaksanakan shalat Idul Fitri, kata Yudha, kondisi cuaca pada Rabu (12/5) H-1 lebaran, akan terjadi hujan ringan hingga sedang pada malam hari. Dan pada pagi harinya, Kamis (13/5) saat pelaksanaan Idul Fitri relatif lebih berawan.

"Kami melihat ada kecendrungan hujan pada malam hari sebelum lebaran. Jadi Bagi yang akan melaksanakan shalat Idul Fitri pagi harinya di lapangan, mungkin keadaan tanah cendrung masih basah. Selain itu, pada siang hari hingga malam hari hujan berpotensi muncul kembali," ujarnya.

Yudha menyebutkan pada saat pagi hari kecendrungan kondisi cuaca lebih stabil atau berawan. Sehingga masih dimungkinkan untuk shalat Idul Fitri di laksanakan di luar. Namun di beberapa daerah akan mengalami hujan ringan yang sifatnya lokal di sebagian daerah Sumbar.

Kondisi cuaca secara umum untuk saat ini kata Yudha, dari senin hingga minggu memang kembali terjadi peningkatan peluang hujan di beberapa daerah di wilayah Sumbar seperti Pasaman Barat, Agam, Padang Pariaman, Padang, Lima Puluh Kota, Tanah Datar, Solok, Solok Selatan, Pesisir Selatan, Sawahlunto dan Kepulauan Mentawai. (*)

Reporter : Endrik Ahmad Iqbal | Editor : Heldi Satria
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]