Mau Tahu Proses Pengamatan Hilal oleh BMKG? Begini Caranya


Selasa, 11 Mei 2021 - 19:11:56 WIB
Mau Tahu Proses Pengamatan Hilal oleh BMKG? Begini Caranya Pemantauan hilal.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Menjelang hari raya Idul Fitri BMKG melakukan pengamatan hilal saat sore hingga malam hari. Adapun mekanisme pengamatan (rukyat hilal) oleh BMKG sebagai mendukung penentuan awal bulan Qomariah (Hijriyah) adalah dengan melakukan pengamatan yang dimulai 3 (tiga) jam sebelum matahari terbenam sampai dengan 30 menit setelah bulan terbenam pada malam hari setelah maghrib.

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

"Dengan memanfaatkan teleskop yang dihubungkan dengan komputer dan kamera serta dipadukan dengan teknologi informasi kita mengamatinya," kata Triyono, Selasa (11/5/2021).

Saat pengamatan dilaksanakan, kata Triyono kecerlangan cahaya hilal akan direkam oleh detektor yang dipasang pada teleskop yang secara otomatis mengikuti berubahnya posisi Bulan di ufuk Barat.

Baca Juga : Pererat Hubungan Tim, Karyawan Grand Basko Hotel Gelar Baca Yasin Rutin

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

"Dengan teknologi informasi, data tersebut langsung dikirim ke server di BMKG Pusat, untuk kemudian disimpan dan disebarluaskan kepada masyarakat secara online (live streaming) ke seluruh dunia melalui http://www.bmkg.go.id/hilal," ujarnya. Masyarakat luas dapat ikut melihat hilal penentu awal bulan Syawal 1442 hijriah pada Selasa, 11 Mei 2021 dan Rabu 12 Mei 2021 pada sore hingga malam hari. (*)

Reporter : Endrik Ahmad Iqbal | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]