Pembangunan Gedung Kebudayaan Sumbar Masih Butuh Dana Rp195 Miliar Lagi


Selasa, 11 Mei 2021 - 20:47:27 WIB
Pembangunan Gedung Kebudayaan Sumbar Masih Butuh Dana Rp195 Miliar Lagi Gedung Kebudayaan Sumbar. Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, pembangunan kelanjutan gedung kebudayaan Sumbar merupakan penyelesaian bagian Meubeller, Panggung, Tribun Threater dan Studio.

"Saat ini dana yang sudah terserap sebesar Rp117 miliar. Sementara anggaran yang akan ditimbulkan sebanyak Rp195,56 miliar," kata Mahyeldi.

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Percepatan proyek pembangunan gedung kebudayaan ini disampaikan Mahyeldi saat bertemu dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pada beberapa waktu lalu untuk berkoordinasi.

Baca Juga : Pemko Padang Panjang Sosialisasikan Peluang Kerja ke Luar Negeri

Diketahui, Pemprov Sumbar terus membenahi fasilitas kebudayaan. Dengan membangunan Gedung Kebudayaan, dengan moto 'Rumahnya Pada Seniman'.

Peruntukan gedung kebudayaan tersebut dibagi dalam berbagai ruangan, di antaranya kantor pengelola, perpustakaan, ruang latihan/workshop tari, workshop drama, puisi, sandiwara, music, ruang diskusi, seminar, auditorium, gallery, ruang pameran, dan Cineplex.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Gedung ini juga memiliki arsitektur unik, karena bentuknya menyerupai kapal besar yang siap mengarungi samudera. Pada bagian tengahnya terdapat sebuah bangunan dengan atap perpaduan antara atap bagonjong dan kubah masjid.

Bentuk ini menggambarkan masyarakat Sumbar yang menjunjung tinggi adat dan agama. Pembangunannya terbagi atas tiga zona, yakni zona A, B, dan C, namun yang baru rampung adalah zona A yang menghabiskan anggaran Rp57 miliar. Dana tersebut bersumber dari APBD Sumbar dengan tiga tahun anggaran.

Mulai tahun 2015 sebesar Rp 13,5 miliar, 2016 habis Rp 18,9 miliar dan 2017 mencapai Rp 24,9 miliar. Sementara zona B yang diantaranya adalah gedung utama pertunjukan teater.

Pembangunannya dilanjutkan pada 2018 dengan anggaran mencapai Rp 25 miliar. Kemudian 2019 Rp32 miliar dan rencananya tuntas tahun ini, namun karena covid-19 pelaksanaan ini ditunda untuk kegiatan tahun 2021. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]