Longsor Terjang Beberapa Wilayah di Bayang Pesisir Selatan Usai Diguyur Hujan


Selasa, 11 Mei 2021 - 21:52:46 WIB
Longsor Terjang Beberapa Wilayah di Bayang Pesisir Selatan Usai Diguyur Hujan Longsor yang terjadi di Bayang Pesisir Selatan.

PESISIR SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Hujan lebat yang mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) pada Sabtu pukul 16.00 WIB lalu menyebabkan longsor di beberapa wilayah Kecamatan IV Nagari Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan.

Kapolres Pesisir Selatan, AKBP. Sri Wibowo, melalui Kapolsek Bayang Iptu. MH. Thamrin, mengatakan, longsor terjadi di Nagari Limau Gadang, Kecamatan IV Nagari Bayang Utara, dikarenakan curah hujan cukup tinggi.

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

"Ya, tanah dari atas bukit ada di lokasi tersebut longsor, ada tiga titik parah akibat longsoran tanah, hingga menutupi badan jalan," ujar Thamrin, pada Selasa (11/5/2021).

Baca Juga : Heroik! Pria Lansia Berduel dengan Beruang di Pasaman Barat, Nyawanya Selamat 

Longsor tersebut terjadi di 2 tempat. Pertama di Kampung Limau-Limau, Nagari Limau Gadang yang terdapat dua titik Longsor, titik pertama, menimbun badan jalan sepanjang sekitar 25 meter, dan titik kedua menimbun badan jalan sepanjang sekitar 10 meter.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Tempat kedua terjadinya longsor adalah di Kampung Ngalau Gadang, Nagari Limau Gadang yang menimbun badan jalan hingga 12 Meter. Sampai saat ini, ke 3 titik lokasi longsor tersebut belum dapat dilalui oleh Kenderaan Roda 2 (R2) dan Roda 4 (R4).

Lebih lanjut, Thamrin menyampaikan, Bersama pihak Kecamatan, Wali Nagari Limau Gadang dan Polsek Bayang telah turun ke lokasi longsor dan melakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Pesisir Selatan untuk mendatangkan alat berat excavator, karena tanah yang longsor tersebut tidak bisa dikerjakan secara manual, harus menggunakan Alat Berat.

"Alhamdulilah, pukul 14.00 WIB, Alat Berat (excavator) sudah menuju lokasi longsor, dari Kantor PU Kabupaten Pesisir Selatan," ungkapnya.

Selain menutupi badan jalan, longsor juga menimpa satu buah unit rumah milik warga kampung Ngalau Gadang, Nagari Limau Gadang, Kecamatan IV Nagari Bayang Utara, yang menyebabkan kerusakan di bagian dinding belakang rumah tersebut.

Thamrin juga menjelaskan bahwa tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut. Namun, kerugian yang ditanggung pemilik rumah diperkirakan mencapai Rp7 juta. (*)

Reporter : Rani Aprianti | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]