Limbah B3 dan Sampah Infeksius di Sumbar Capai 5,2 Ton per Hari


Rabu, 12 Mei 2021 - 09:43:53 WIB
Limbah B3 dan Sampah Infeksius di Sumbar Capai 5,2 Ton per Hari Salah satu pembuangan sampah di Sumbar.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumbar terus mengantisipasi lonjakan limbah bahan beracun dan berbahaya (B3) di provinsi itu. Salah satunya dengan menyurati Kabupaten/Kota agar tidak terjadi lonjakan sampah infeksius penanganan Covid-19.

Kepala DLH Sumbar, Siti Aishah mengungkapkan, untuk sampah Limbah B3 mengalami peningkatan 20-30 persen, dibanding kondisi normal. Dia menyebutkan, bahwa dalam kondisi normal, Limbah B3 dan sampah Infeksius mencapai 5,2 ton perharinya.

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Terkait pengolahan Limbah B3 dan sampah Infeksius, kata Siti Aisyah, bahkan sudah dilakukan sejak pandemi melanda, sementara surat gubernur tertanggal 7 Mei 2021 lalu merinci Limbah B3 dan sampah Infeksius.

Baca Juga : PPDB Sumbar untuk SMA, 45% Jalur Afirmasi Akomodir Siswa Tidak Mampu

"Serta penganan yang harus dilakukan sebab sumber tersebut berasal dari fasilitas kesehatan, tempat karatina, isolasi mandiri, limbah Vaksinasi serta laboratorium pengujian  deteksi covid-19," ujar Siti Aisyah.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Menurut Siti Aisyah, selama ini ada 3 mekanisme yang dilakukan untuk pemusnahan limbah B3 dan sampah infeksius di Sumatera Barat. Mekanisme tersebut diterapkan berdasarkan kemampuan kondisi dan jarak daerah masing-masing.

"Karena selama ini Pemprov Sumbar telah menujuk PT. Semen Padang sebagai lokasi pemusnahan limbah B 3 dan sampah Infekksius sementara di Sumatera Barat," ucap Siti Aisyah.

Lebih lanjut, kata Siti Aisyah, saat ini Kementrian Lingkungan Hidup sedang membangun sarana pemusnahan Limbah B3 dan sampah Infeksius di Aia Dingin Kecamatan Koto Tangah Kota Padang yang proses pengerjaanya  sudah mencapai tahap penyelesaian akhir. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]