Fenoma Pusat Perbelanjaan Bikin Macet, Pengamat: Perlu Kesadaran Semua Pihak


Rabu, 12 Mei 2021 - 09:56:28 WIB
Fenoma Pusat Perbelanjaan Bikin Macet, Pengamat: Perlu Kesadaran Semua Pihak Jalan di Padang macet, dipadati pengendara.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Mendekati Hari Raya Idul Fitri, pusat perbelanjaan ataupun pasar tradisional di Kota Padang sering menimbulkan kemacetan lalu lintas pada ruas jalan di sekitarnya. Pasalnya jumlah pengunjung membludak hingga parkir yang disediakan melimpah hingga ke ruas jalan sekitar.

Pantauan Harianhaluan.com di lapangan, Selasa (11/5/2021), pusat perbelanjaan mulai ramai didatangi pengunjung sejak siang hari. Mall ini tetap menggunakan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat dimulai dari pintu masuk dengan mencuci tangan dan pengecekan suhu badan.

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Masuk ke dalam mall, pengunjung memadati toko-toko yang ada, seperti toko fashion baik itu tas, pakaian, sepatu, dan lainnya, dan toko makanan-minuman.

Baca Juga : Hadiri Wisuda TK dan SMP Adz-Zikra, Wako Padang Hendri Septa Beri 'Reward'

Toko-toko yang ada di mall tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, seperti menyediakan hand sanitizer untuk mencuci tangan, dan membatasi pengunjung yang masuk ke toko mereka.

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Tidak hanya itu, mall ini juga memasang berbagai ornamen yang identik dengan perayaan Hari Raya Idul Fitri, seperti gambar masjid dan ketupat, serta spanduk bertuliskan ucapan selamat lebaran.

Pengamat Transportasi Universitas Andalas (Unand), Yossafra mengatakan, kondisi ini dipicu lalainya penanganan oleh pihak terkait di samping kesadaran pengendara kendaraan yang masih rendah terhadap akses transportasi  yang mestinya dapat  memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan.

"Untuk solusi persolaan tersebut, perlu kesadaran semua pihak dalam menerapkan analisa dampak lalu lintas. Keberadaaan mall semestinya tidak menuai rentet permasalahan baru, apalagi dalam situasi dan kondisi daerah yang rawan bencana," ujarnya.

Evakuasi yang seharusnya bisa dilakukan dengan lancar menggunakan jalur lalu lintas yang sudah disediakan,  lumpuh total dengan kesemrautan parkir kendaraan yang tidak pada tempatnya.

Dia meminta kesedaran semua pihak, baik itu pemilik mall, masyarakat maupun aparat yang  dalam hal ini perlu bersikap tegas  terhadap apa pun macam pelanggaran yang terjadi di sekitarnya. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]