Jengkel dengan SMS Spam? Ikuti Cara Ini untuk Menghentikannya


Rabu, 12 Mei 2021 - 15:38:26 WIB
Jengkel dengan SMS Spam? Ikuti Cara Ini untuk Menghentikannya Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pesan teks yang tidak diinginkan bisa sangat menjengkelkan. SMS spam bisa mengacaukan kotak masuk SMS Anda. Beberapa pesan spam juga berisi tautan ke malware yang berpotensi berbahaya.

Jadi, ada baiknya untuk mencoba menghentikan atau setidaknya meminimalkan teks spam jika memungkinkan.  

Berikut lima langkah yang dapat Anda lakukan untuk memfilter atau memblokir teks spam, dilansir di Business Insider, Selasa (11/5):

Baca Juga : Dukung Aktivitas Digital Pelanggan, 3 Indonesia Berikan Kuota Besar dengan Harga Hemat

Jangan menanggapi SMS yang tidak diinginkan
Anda mungkin terbiasa dengan membalas "STOP" pada SMS yang tidak diinginkan. Banyak pengirim spam menawarkan opsi untuk merespons dengan STOP, tetapi jangan lakukan itu.

Pelaku SMS spam menggunakan balasan Anda atau balasan apa pun, termasuk STOP, sebagai sinyal bahwa Anda telah menerima pesan Anda dan secara aktif terlibat dalam pesan Anda. Ini dapat membuat mereka lebih berani untuk mengirimi Anda lebih banyak pesan. Informasi Anda juga dapat dijual ke pelaku spam lain yang mencari nomor telepon terverifikasi aktif.

Laporkan pengirim SMS spam ke provider Anda
Salah satu cara untuk melawan SMS spam adalah dengan melaporkan teks yang tidak diinginkan langsung ke penyedia layanan telepon Anda.  

Anda akan menerima balasan, yang mungkin menyertakan permintaan untuk mengirim nomor telepon asal spam tersebut. Ini mungkin tidak akan memberikan hasil instan untuk Anda, tetapi akan berkontribusi untuk membersihkan ekosistem SMS untuk semua orang.

Filter calon pelaku spam
Sebagian besar telepon memiliki pengaturan untuk secara otomatis memfilter SMS spam potensial sehingga tidak muncul dalam daftar yang sama dengan SMS penting dan sah dari kontak yang dikenal.

Di iPhone, buka aplikasi Pengaturan dan ketuk "Pesan". Gulir ke bawah dan aktifkan "Filter Pengirim Tidak Dikenal" dengan menggesek tombol ke kanan.

Di Android, buka aplikasi Perpesanan dan ketuk tiga titik di kanan atas. Di menu drop-down, pilih "Setelan", lalu tap "Perlindungan Spam". Terakhir, aktifkan "Aktifkan perlindungan spam" dengan menggesek tombol ke kanan.

Blokir pengirim spam tertentu
Jika Anda sering menerima spam dari nomor telepon yang sama, Anda dapat menggunakan aplikasi perpesanan Anda untuk memblokir nomor itu. Namun, jangan mengandalkan bantuan ini dalam setiap situasi. Sebab, sebagian besar pengirim spam dapat menggunakan nomor yang berbeda setiap kali mereka menghubungi Anda.

Di iPhone, buka SMS spam dan ketuk ikon pengguna di bagian atas halaman, lalu ketuk "info". Di halaman berikutnya ketuk "info" lagi, lalu ketuk "Blokir Penelepon ini".

Di Android, prosesnya dapat bervariasi tergantung pada aplikasi perpesanan yang Anda gunakan. Tetapi secara umum, Anda dapat mengetuk tiga titik di bagian atas pesan dan memilih "Blokir nomor" dari menu.

Gunakan aplikasi pemblokiran SMS berbayar
Anda dapat menggunakan aplikasi yang dirancang untuk memblokir spam. Aplikasi seperti RoboKiller, tersedia untuk iPhone dan Android, dapat secara dramatis mengurangi spam yang Anda terima, baik dalam bentuk panggilan telepon maupun pesan teks.

Sayangnya, aplikasi ini tidak gratis.  RoboKiller memiliki uji coba gratis selama 7 hari, lalu biayanya 5 dolar AS per bulan atau 40 dolar AS per tahun atau sekitar Rp 70 ribu per bulan dan Rp 560 ribu per tahun.(*)

Editor : Nova Anggraini | Sumber : republika
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]