497 WBP Lapas Kelas IIA Padang Terima Remisi Lebaran


Kamis, 13 Mei 2021 - 01:08:01 WIB
497 WBP Lapas Kelas IIA Padang Terima Remisi Lebaran ilustrasi remisi

PADANG, HARIANHALUAN.COM – 497 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kelas IIA Padang mendapatkan remisi hari raya Idul Fitri 1442 hijriah. Pemberian remisi ini adalah hal yang rutin dilakukan setiap hari besar keagamaan. Dari ratusan WBP tersebut, tidak ada yang mendapatkan remisi bebas, rata-rata mereka mendapatkan masa pengurangan hukuman 15 hari hingga dua bulan.

Kalapas Kelas IIA Muaro Padang, Era Wiharto kepada wartawan mengatakan, sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi narapidana agar bisa mendapatkan remisi diantaranya, berkelakuan baik dan juga tidak dalam menjalani hukuman disiplin atau register F. Selain itu, mereka juga sudah memiliki Justice Collaborator atau pernah membantu aparat penegak hukum.

"Dari 497 WBP yang dapat remisi, 243 WBP mendapat remisi khusus berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 99 tahun 2012 terkait perubahan kedua atas PP nomor 32 tahun 1999 tentang syarat dan tata cara pelaksanaan hak warga binaan pemasyarakatan yang tersangkut kasus narkotika dan tindak pidana terorisme serta kejahatan trans-nasional," jelas Era.

Baca Juga : Perumda AM Kota Padang Lakukan Bedah Rumah yang Ketiga

Rinciannya, untuk remisi khusus 1 (RK-1) ada sebanyak 238 orang yakni, tiga orang mendapat remisi dua bulan, dengan remisi dua bulan tiga orang, 31 orang mendapat remisi 1 bulan 15 hari dan 204 orang mendapat remisi satu bulan. Lalu, RK-2 berdasarkan PP nomor 9 tahun 2012, jumlah narapidana yang dapat remisi sebanyak lima orang dengan rincian, tiga orang mendapat remisi 1 bulan 15 hari dan lima orang mendapat remisi satu bulan.

“Itu adalah data secara keseluruhan, sudah termasuk narapidana narkoba dan korupsi. Sedangkan, RK-2 mereka seharusnya sudah bebas tapi karena ada denda subsidair, belum bisa dibebaskan,” tuturnya.

Kemudian, pada pidana umum, ada 253 WBP yang mendapatkan remisi yakni, 14 orang mendapat remisi dua bulan, 45 orang mendapat remisi 1 bulan 15 hari, 182 orang mendapat remisi satu bulan dan 12 orang mendapat remisi 15 hari. Ada satu WBP anak yang mendapatkan remisi dua bulan. (*)

Reporter : Agoes Embun | Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]