Di Padang, 42 Kawasan Ini Tak Boleh Menggelar Salat Ied di Masjid dan Lapangan


Kamis, 13 Mei 2021 - 02:44:41 WIB
Di Padang, 42 Kawasan Ini Tak Boleh Menggelar Salat Ied di Masjid dan Lapangan Wali Kota Padang, Hendri Septa.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Walikota Padang Hendri Septa menerbitkan Surat Edaran (SE) terkait pelaksanaan shalat Idul Fitri, Kamis (13/5/2021). SE ini menindaklanjuti SE Gubernur Sumbar yang diterbitkan Selasa (11/5/2021) yang menyebut tentang larangan menggelar salat Ied di Masjid, Musala dan lapangan karena Covid-19.

"Di Padang boleh melaksanakan Salat Idul Fitri (ied) baik di lapangan maupun di Masjid dan Musala dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat oleh pihak penyelenggara dan jamaah sendiri," kata Wali Kota Padang Hendri Septa, Rabu (12/5/2021) di laman resmi Pemko Padang.

SE nomor 451.305/Kesra-Padang/V/2021 tertanggal 12 Mei 2021 itu menyatakan, RT yang berada di zona merah dan oranye memang dilarang melaksanakan salat Idul Fitri baik di lapangan maupun di Masjid dan Musala untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 dan memutus mata rantai penyebarannya.

Baca Juga : Dinas Perdagangan Padang Tera Ulang 78 Timbangan Pedagang Pasar Alai

"Bagi umat muslim yang berada di zona RT merah dan oranye, dengan sangat terpaksa dianjurkan untuk salat Idul Fitri di rumah sendiri," jelas Wali Kota kemudian.

Hendri mengaku, sebelumnya Satgas Covid-19 Provinsi Sumbar sudah menetapkan Kota Padang zona oranye dan sesuai SE Gubernur Sumbar, bagi kabupaten dan kota yang berada di daerah oranye dan merah, dilarang pelaksanaan salat Idul Fitri di lapangan maupun di Masjid dan Musala. Namun, itu memunculkan perdebatan dan masukan berbagai pihak. 

Alhasil, SE Gubernur terbaru soal pelaksanaan salat Idul Fitri diserahkan kepada Bupati dan Walikota dengan tetap memperhatikan surat edaran Menteri Agama dan aturan lainnnya. Satgas Covid-19 Kota Padang dan Forkompinda menindaklanjuti SE terbaru Gubernur dan disisir lebih dalam soal daerah Covid-19 berdasarkan zonasi terkecil, yaitu RT. 

"Hasilnya, dari 3.422 RT di 11 kecamatan di Padang, 9 RT masuk zona merah dan 35 RT masuk zone oranye. Berarti, kawasan RT yaitu 3.379 RT boleh melaksanakan salat Idul Fitri di lapangan maupun Masjid dan Musala dengan prokes sangat ketat," tutup Hendri Septa. (*)

Editor : Agoes Embun | Sumber : istimewa
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]