Sungai Deli Meluap, Kampung Aur Medan Terendam Banjir di Hari Pertama Lebaran


Kamis, 13 Mei 2021 - 16:27:47 WIB
Sungai Deli Meluap, Kampung Aur Medan Terendam Banjir di Hari Pertama Lebaran Sejumlah warga Kampung Aur Medan membersihkan lumpur yang menggenangi rumah mereka.

MEDAN, HARIANHALUAN.COM - Siapa menyangka Hari Raya Idul Fitri 1442 dirayakan dalam suasana yang berbeda oleh warga yang tinggal di permukiman Kampung Aur, Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimun. Pasalnya, ratusan rumah warga yang berada kawasan tersebut terendam banjir akibat meluapnya Sungai Deli.

Dari informasi yang dihimpun, air Sungai Deli mulai meluap dan merendam permukiman warga sekitar pukul 00.00 WIB, Kamis (13/5/2021). Meluapnya Sungai Deli disebabkan air kiriman pascahujan deras yang melanda kawasan pegunungan.  

"Ada ratusan rumah terendam banjir, sejak malam sekitar pukul dua belas (24.00 WIB), mulai masuk ke dalam rumah. Banjir kiriman ini," kata salah seorang wanita bernama Erwin Syahputra, dikutip dari iNews.

Baca Juga : Inilah Strategi Kementerian PPPA Hapuskan Pekerja Anak di Indonesia

Begitu air masuk, warga kemudian memilih mengevakuasi barang mereka ke tempat yang lebih tinggi. Air yang menggenangi rumah warga baru mulai surut subuh tadi. Meski sudah mulai surut, namun banjir membuat aktifitas warga dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri menjadi terganggu. 

Setelah air mulai surut, warga kemudian bergotong royong untuk membersihkan lumpur yang menggenangi rumah mereka. Sementara itu, sebagian warga lainnya menjalankan salat Idul Fitri di masjid di sekitar Kampung Aur.   

"Lebaran ini sedihlah," kata Erwin.  

Emil berharap agar banjir tidak kembali merendam pemukiman warga.  "Harapannya itu aja, gak banjir lagi," ucapnya. 

Pantauan di lokasi terlihat sejumlah pemuda sibuk membersihkan sisa-sisa lumpur yang menggenangi rumah hingga ke jalan. Mereka menggunakan mesin kompresor untuk menyedot genangan air. (*)

Editor : Rahma Nurjana | Sumber : inews.id
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]