Idul Fitri saat Pandemi, Kepala ACT Sumbar Ingatkan Pentingnya Rasa Syukur


Kamis, 13 Mei 2021 - 22:31:08 WIB
Idul Fitri saat Pandemi, Kepala ACT Sumbar Ingatkan Pentingnya Rasa Syukur Kepala ACT Sumbar, Zeng Welf.

SUNGAI PAGU, HARIANHALUAN.COM - Kepala Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatra Barat (Sumbar) Zeng Welf ingatkan pentingnya rasa syukur dalam perayaan idul fitri 1442 hijriah di saat wabah pandemi Covid-19 mengancam. 

Hal itu disampaikan Zeng Welf saat menjadi khatib salat idul fitri di Surau Al-Ikhlas Nagari Pasir Talang, Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan (Solsel), Kamis (13/5/2021). Pelaksanaan salat Ied dilaksanakan sesuai prokes Covid-19.

"Walaupun dengan kondisi pandemi Covid-19. Kita masih diberikan kesempatan untuk melaksanakan ibadah dengan suasana aman, damai dan mengikuti protokol kesehatan. Sementara, saudara muslim di Palestina berada dalam tekanan dan ancaman peluru serta bombardir zionis Israel. Tangis pilu," katanya.

Baca Juga : Terkendala Dana, Pembuatan Tutup Bak Kontrol Trotoar Simpang Apar Batal

Kendati demikian, imbuhnya, rasa syukur atas nikmat yang telah didapatkan harus ditanamkan dalam hati dan diimplementasikan dalam sikap taqwa pada sang Khalik. "Jika kita bersyukur maka, Allah akan menambah nikmatnya pada kita. Nikmat tidak hanya harta benda namun juga anugerah dalam kehidupan, keluarga, anggota tubuh yang telah dikaruniakan. Syukurilah setiap nikmat yang kita miliki," sebutnya.

Akan tetapi, kata Zeng Welf, apabila manusia tidak pandai bersyukur maka azab Allah sangat pedih. Sudah banyak kisah umat terdahulu yang dihancurkan karena kufur nikmat.

"Sebagai umat nabi Muhammad SAW, sudah sepantasnya kita menjadikannya sebagai tuntutan dan tauladan. Syukur nikmat artinya berterimakasih kepada Allah. Kita mengabdi atas nikmat yang telah diberikan," tuturnya.

Dia mengatakan, dalam suasana pandemi ini, ia kembali mengingatkan Alquran surat Ibrahim ayat 7 tentang makna bersyukur, yang artinya. “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih,” katanya mengakhiri ceramah. (*)

Reporter : Jefli Bridge | Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]