Buku Sejarah Thawalib Dilaunching Secara Resmi 30 Mei 2021


Jumat, 14 Mei 2021 - 07:28:14 WIB
Buku Sejarah Thawalib Dilaunching Secara Resmi 30 Mei 2021 Buku Sejarah Thawalib Dilaunching Secara Resmi 30 Mei 2021

PADANGPANJANG, HARIANHALUAN.COM - Buku Sejarah Perguruan Thawalib Padang Panjang yang diterbitkan oleh Yayasan Thawalib pada bulan Mei 2021, secara resmi akan dilaunching pada hari Minggu, 30 Mei 2021 di Padang Panjang. Acara launching buku tersebut sebagai acara peringatan 110 tahun Perguruan Thawalib.

Ketua Umum Yayasan Thawalib Padang Panjang, Abrar Jumat (14/5/2021) di Padang Panjang mengatakan, sebagai acara peringatan 110 tahun Perguruan Thawalib, maka yayasan menerbitkan buku Sejarah Perguruan Thawalib. “Insya Allah pada hari Minggu 30 Mei 2021, diselenggarakan acara launcing buku tersebut,” ujarnya.

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Baca Juga : Mantap! Mahasiswa PNP Juarai Debat Tingkat Politeknik se-Indonesia dalam NPEO

Menurut dia, penerbitan buku Sejarah Perguruan Thawalib tersebut merupakan  salah satu agenda kerja yayasan. Sebab, selama ini banyak sekali berbagai kalangan yang meminta informasi tentang sejarah Thawalib. “Para tamu yang datang ke Thawalib baik tamu asing maupun dalam negeri selalu meminta informasi tentan sejarah Thawalib. Untuk itu dipandang perlu menerbitkan satu buku khusus mengenai Sejarah Thawalib,” jelas Abrar.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Buku Sejarah Perguruan Thawalib untuk cetak pertama selesai selesai dan diagendakan acara launching buku secara resmi pada 30 Mei 2021. “Insya Allah agenda launching buku sudah ditetapkan dan berbagai persiapan untuk acara launching tengah dilakukan,” kata Abrar.

Menuju Launching

Sementara Sekretaris Umum Yayasan Thawalib, Irwan Natsir menjelaskan, bulan  Mei 2021 tepat usia Perguruan Thawalib Padang Panjang 110 tahun. Usia lebih dari satu abad dengan beragam sejarah yang dilalui. Mulai dari zaman pra kemerdekaan, zaman kemerdekaan, zaman orde lama, zaman orde baru sampai zaman paska reformasi.

Tokoh tokoh penting dan hadir pada zamannya. Mulai dari Syekh Abdullah Ahmad, Syekh Daud Rasjidi, Syekh Abdul Karim Amrullah, Tuanku Mudo Abdul Hamid Hakim, Buya HMD Datuk Palimo Kayo, Buya Zainal Abidin Ahmad dan Buya Mawardi Muhamad.

Siapa dan bagaimana profil tokoh tokoh penting dalam sejarah Perguruan Thawalib tersebut? Bagaimana kiprah mereka selama ini?

“Buku Sejarah Perguruan Thawalib Padang Panjang yang diterbitkan Yayasan Thawalib bulan Mei 2021 edisi cetak pertama, mengulas lebih dalam profil para tokoh tokoh penting tersebut,” kata Irwan Natsir.

Ingin mengetahui profil dan sepak terjang para tokoh tokoh penting tersebut? Dalam buku Sejarah Perguruan Thawalib yang disusun oleh para alumni Perguruan Thawalib, menjawab hal tersebut.

Dijelaskan Irwan Natsir, buku Sejarah Thawalib yang diterbitkan memang secara khusus berisikan tentang sejarah Thawalib mulai dari awal berdiri sampai saat ini. “Proses sejarah Thawali ditulis secara lengkap mulai dari asal usul Thawalib itu sendiri, perkembangannya dan sampai saat ini,” katanya.

Kata Irwan Natsir, dalam sejarah 110 tahun Thawalib, buku yang diterbitkan khusus berisikan tentang sejarah Thawalib pernah disusun oleh Buya HMD Datuk Palimo Kayo pada tahun 1970 an dengan judul buku “Mengenangkan Sejarah Perguruah Thawalib”. Buku tersebut berisikan gambaran umum tentang sejarah Thawalib dengan jumlah halaman sekitar 24 halaman.

Untuk melengkapi sejarah Thawalib lebih komprehensif lagi, pada tahun 2021 Yayasan Thawalib saat ini menerbitkan buku Sejarah Perguruan Thawalib. “Buku yang diterbitkan saat ini direncanakan nanti dicetak dalam tiga Bahasa yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris,” ujar Irwan Natsir.

Untuk acara launching buku 30 Mei nanti, buku tersebut dicetak dalam edisi Bahasa Indonesia dengan jumlah terbatas. “Kegiatan launching nanti dilaksanakan dengan peserta acara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Hal ini dilakukan  tidak terlepas dari kondisi Covid 19 yang terjadi saat ini,” kata Irwan Natsir. (*)

Editor : Rahma Nurjana | Sumber : relis
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]