Nias Diguncang Gempa Susulan, Masyarakat Diminta Hindari Bangunan Retak


Jumat, 14 Mei 2021 - 19:09:08 WIB
Nias Diguncang Gempa Susulan, Masyarakat Diminta Hindari Bangunan Retak Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Gempa susulan berkekuatan 5,2 skala richter kembali mengguncang Nias Barat, Sumatera Utara, pada Jumat (14/5/2021), sekitar pukul 13.32 WIB.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Raditya Jati meminta kepada masyarakat agar tetap waspada dan menghindari bangunan yang retak pasca-gempa. Laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut terdapat gempa susulan bermagnitudo 5,2.

"Diharapkan masyarakat dapat menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan gempa, memeriksa dan memastikan kembali bangunan tempat tinggal, cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah," ujar Raditya, dikutip dari Kompas.com, Jumat (14/5/2021).

Baca Juga : Jokowi Minta Pertimbangan Ahli Soal Usulan Lockdown

Hingga saat ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) Kabupaten Nias Barat belum melaporkan adanya korban jiwa dan luka-luka serta kerugian material. Menurut Raditya, warga sempat panik dan mengungs ke lokasi yang lebih aman.

"Warga panik hingga keluar rumah untuk mengamankan diri. Warga merasakan guncangan kuat selama 2-5 detik," kata dia.

Berdasarkan data BMKG, gempa tidak menimbulkan tsunami dan masuk dalam kategori gempa bumi dangkal. BMKG juga merilis laporan titik gempa barada di 010 Lintang Utara (LU) dan 96,53 Bujur Timur (BT) pada kedalaman 19 kilometer di bawah permukaan laut.

"Apabila ditarik garis lurus maka jarak pusat gempa berada pada 141km Barat Daya Nias Barat, 151 km Barat Daya Nias selatan, 172 km Barat Daya Nias, 455 km Barat Daya Medan dan 1.339 km Barat Laut Jakarta," tutur Raditya. Gempa juga dirasakan di sejumlah daerah, antara lain di Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Nias Utara, Kota Sibolga hingga Kabupaten Kepulauan Mentawai di Sumatera Barat. "Gempa juga dirasakan di Kabupaten Simeulue dan Kabupaten Aceh Singkil di Provinsi Aceh dan Kabupaten Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat," kata Raditya. (*)

Editor : Milna Miana | Sumber : Kompas.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]