3 Pasien Covid-19 di Padang Panjang Dimakamkan Saat Libur Lebaran


Sabtu, 15 Mei 2021 - 14:44:40 WIB
3 Pasien Covid-19 di Padang Panjang Dimakamkan Saat Libur Lebaran Sebanyak tiga pasien Covid 19 meninggal dunia di Padang Panjang, Sabtu (15/5/2021) dan dimakamkan dengan protokol kesehatan.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Saat libur lebaran, tercatat tiga pasien Covid 19 meninggal dunia di Padang Panjang, Sabtu (15/5/2021). Pasien tersebut dimakamkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kesbangpol sesuai dengan protokol kesehatan. 

"Ya benar sekali, hingga hari ini tercatat tiga pasien Covid-19 yang meninggal dunia yang kami makamkan sesuai protokol kesehatan (prokes) dan sesuai keinginan keluarga pasien," kata Plt Kaban BPBD Kesbangpol, Zulheri.

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Baca Juga : Pererat Hubungan Tim, Karyawan Grand Basko Hotel Gelar Baca Yasin Rutin

Zulheri menjelaskan, satu dari tiga pasien tersebut meninggal saat lebaran. Pasien merupakan mantan kepala Dinas Pendidikan Kota Padang yang berdomisili di Padang, dikuburkan di Kampung Manggis, Kecamatan Padang Panjang Barat.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

"Dua pasien lagi meninggal di hari kedua lebaran. Berasal dari Panyalaian, Kabupaten Tanah Datar yang meninggal di RSUD Padang Panjang. Dimakamkan tim pemakaman yang berasal dari Tanah Datar. Satu lagi berasal dari Kelurahan Gumala, Kecamatan Padang Panjang Timur yang meninggal di RS Yarsi Padang Panjang," ungkap Zulheri.

Terkait pemakaman sesuai prokes, kata Zulheri lagi, tim BPBD sebelumnya telah koordinasi dengan pihak terkait seperti Dinas Kesehatan, Polres, Polsek, camat dan lurah untuk selalu mengedukasi dan sosialisasi bagi keluarga pasien yang meninggal karena virus Covid-19.

"Kami dari tim sudah koordinasi dahulu dan menerangkan kepada pihak keluarga kenapa dimakamkan sesuai prokes. Ini kita lakukan untuk menghindari penularan terhadap keluarga dan masyarakat lainya," jelas Zulheri.

Ditambahkan Zulheri, untuk penugasan pengamanan hari raya Idul Fitri, pihaknya juga menugaskan 4 petugas setiap harinya yang disebarkan di dua pos, di samping Hotel Rangkayo Basa dan Pos Pelayanan di simpang Gedung M. Syafei. 

Sebelumnya pada Ramadhan lalu, tambah Kasubbid Kedaruratan, Irelisofa, BPBD juga membantu pemakaman dua pasien Covid-19. “Pertama warga Kelurahan Bukit Surungan, dimakamkan di Panyalaian. Lalu, warga Kelurahan Balai-Balai, dikuburkan di Balai-Balai,” sebutnya.(*)

Reporter : Sukma Hayati | Editor : Rahma Nurjana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]