Ombudsman Sebut Masih Banyak Pelanggar Prokes di Sumbar


Sabtu, 15 Mei 2021 - 20:58:10 WIB
Ombudsman Sebut Masih Banyak Pelanggar Prokes di Sumbar Yefri Heriani selaku Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Sumbar.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Mulai tanggal (12/5) hinggan (14/5) Ombudsman melakukan pemantauan secara cepat terkait pelaksanaan shalat Idul Fitri dan ditemukan masih banyak yang tidak menerapkan protokol kesehatan (Prokes) di Sumbar, Sabtu (15/5/2021).

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Ketua Perwakilan Ombudsman Perwakilan Sumbar, Yefri Heriani mengatakan masih ada beberapa masjid dalam pelaksanaan Idul Fitri belum menerapkan Prokes secara ketat seperti contoh penyediaan fasilitas cuci tangan tanpa sabun/hand sanitizer.

"Bahkan pengukuran suhu tubuh dengan thermogun tidak dilakukan, kemudian pengaturan jarak antar jemaah yang sulit dilakukan oleh pengurus dikarenakan banyaknya jumlah jemaah," kata Yefri.

Baca Juga : Denda Tak Patuh Prokes di Sumbar Capai Puluhan Juta Rupiah, Untuk Apa Ya?

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Disisi lain, pelaksanaan open house atau halal bihalal yang dilakukan di rumah pejabat daerah tidak ditemukan. Selama observasi, Ombudsman menemukan pos penjagaan Idul Fitri 2021 dilakukan oleh polisi dan tenaga kesehatan.

Namun hal yang mengagetkan, kata Yefri, meski dijaga oleh polisi masih terdapat kendaraan wisata yang diisi dengan kapasitas penuh tanpa menerapkan prokes. Pembukaan wisata dibeberapa daerah memang ditutup oleh petugas. Namun masih ditemukan beberapa objek wisata berskala kecil yang masih buka di zona oren dan merah.

"Beberapa objek wisata berskala kecil di zona merah dan oren masih dibuka. Namun dengan pengunjung yang berasal dari masyarakat sekitar, namun tidak untuk warga luar," ujarnya. (*)

Reporter : Endrik Ahmad Iqbal | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]