Gubernur: Jalan Abai Sangir-Sungai Dareh Perpendek Jarak Tempuh


Sabtu, 15 Mei 2021 - 22:11:29 WIB
Gubernur: Jalan Abai Sangir-Sungai Dareh Perpendek Jarak Tempuh Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah menyampaikan pengaspalan jalan dengan menggunakan Aspal Buton juga akan dilakukan di Ruas Jalan Abai Sangir - Sungai Dareh yang menghubungkan Kabupaten Solok Selatan dengan Kabupaten Dharmasraya sepanjang 41,70 Km dengan biaya Rp351.10 miliar.

"Dengan adanya pengaspalan jalan ini diharapkan memperpendek waktu tempuh dari 6 jam menjadi 2 jam," tutur Mahyeldi.

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Selain ruas jalan, juga terdapat lima unit jembatan sepanjang lintasan tersebut yang harus diperbaiki. Masing-masing, Jembatan Batang Sitapus sepanjang 16 meter, Jembatan Batang Jujuan 40 meter, Jembatan Ujung Tongah 30,20 meter, Jembatan Galonggang 14 meter dan Jembatan Batang Palo sepanjang 25 meter.

Baca Juga : Denda Tak Patuh Prokes di Sumbar Capai Puluhan Juta Rupiah, Untuk Apa Ya?

Pembangunan ruas jalan Abai Sangir-Sungai Dareh ini terwujud berkat bantuan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Sebelumnya, anggota Komisi IV DPRD Sumbar, Mario Syah Johan menyebutkan perbaikan ruas jalan provinsi di Solsel sudah teranggarkan melalui APBD Provinsi.

"Saat ini Gubernur Sumbar baru saja dilantik sehingga ada proses yang berjalan secara administrasi. Tapi tiga ruas jalan itu sudah teranggarkan hanya menunggu pelaksanaan," katanya pada Harianhaluan.com.

Tiga ruas jalan provinsi di Solsel yang sudah teranggarkan dari APBD Sumbar tersebut, kata Mario adalah ruas jalan Padang Aro - Lubuk Malako. Abai - Sungai Dareh Dharmasraya dan ruas jalan Lubuk Malako - Abai.

"Sudah pasti pengerjaan tiga ruas jalan di Solsel. Namun, berhubung secara administrasi ada mekanisme yang dilalui karena kepala daerah Sumbar baru saja dilantik, mulai dari penunjukan PPK, Pojka dan proses administrasi lainnya," ujarnya.

Pihaknya memperkirakan proses pengerjaan ruas jalan provinsi di Solsel tersebut sekitar Mei sampai Juni 2021.

"Dana yang sudah teranggarkan itu berbarengan dengan dana APBN senilai Rp630 miliar. Sementara, dari anggaran APBN fokus untuk jalan tembus Abai Solsel - Sungai Dareh Dharmasraya karena masih jalan tanah sebab status jalan baru naik ke jalan provinsi sejak 2016," sebutnya.

Mario juga mengapresiasi upaya masyarakat yang peduli untuk menimbun akses jalan yang rusak di Abai, dengan cara swadaya.

"Untuk perbaikan melalui anggaran APBD Sumbar pasti dilaksanakan pada tahun ini, hanya menunggu proses yang tengah berjalan," tutupnya. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]