5 Tanaman Hias yang Tahan Cuaca Panas


Ahad, 16 Mei 2021 - 19:51:24 WIB
5 Tanaman Hias yang Tahan Cuaca Panas Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Keberadaan bunga maupun tanaman hias yang ada di rumah membuat perkarangan menjadi lebih indak. Namun tidak semua tamanan yang bisa bertahan saat cuaca panas.

Demi mencegah kekeringan lebih besar, penting mempersiapkan taman Anda untuk menghadapi cuaca panas. Cara mudahnya adalah memilih tanaman yang tahan terhadap cuaca panas. Dengan begitu, taman tetap terlihat berwarna meski pada musim panas.

Melansir dari laman Kompas.com melalui House Beautiful, Sabtu (16/5/2021), berikut ini lima tanaman bunga yang mampu bertahan hidup di cuaca panas. 

Baca Juga : Awasi Dana Desa, Pemprov dan Kejati Kepri Teken Nota Kesepakatan

Kembang Sepatu

Berasal dari daerah beriklim hangat, subtropis, dan tropis, bunga sepatu menyukai sinar matahari dan kelembapan penuh. Tak heran, tanaman bernama ilmiah ini Hibiscus Rosa-Sinensis sangat tahan terhadap cuaca panas, bahkan bisa tumbuh subur.

Kembang sepatu juga tumbuh subur di Indonesia. Bungan ini terdiri atas banyak warna, di antaranya merah, pink, kuning, putih, juga oranye.

Pentas 

Tanamanpentas, yang juga dikenal sebagai bunga bintang Mesir, merupakan bunga tahunan yang tahan terhadap cuaca panas. Tanaman ini berasal dari Afrika, Arab, dan Madagaskar. Tak heran, bila pentas menjadi bunga tahan panas. 

Bunga pentas akan mekar paling baik di bawah sinar matahari penuh dan memiliki berbagai warna seperti merah muda, putih, lavender, dan merah.

Vinca 

Tanaman vinca atau dikenal tapak dara ini tumbuh di alam liar seperti di tanah berpasir atau kapur dan padang rumput kering.

Itulah mengapa sangat bagus untuk menghiasi taman Anda pada cuaca atau musim panas. Tanaman ini hadir dalam banyak warna, dari merah muda, putih, juga ungu.  

Lantana

Berasal dari lingkungan tropis, bunga lantana lebih menyukai sinar matahari penuh dan tanah kering. Lantana adalah bunga tahunan yang tangguh serta mampu mentoleransi kekeringan dan cuaca terik. Tanaman ini juga disukai hewan penyerbuk seperti lebah.

Penstemon

Tanaman tahunan ini, yang juga disebut lidah janggut, memiliki bunga berbentuk tabung dengan aneka warna seperti pink, merah, atau ungu.  Selain itu, bunga ini mempunyai dedaunan cantik berwarna merah anggur. Penstemon mampu menarik burung kolibri dan lebah. (*)

Editor : Milna Miana | Sumber : Kompas.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]