Aneh! Bupati dan Wabup Terpilih Inhu Rezita Meilani Yopi-Junaidi Rahmad Belum Juga Dilantik


Ahad, 16 Mei 2021 - 21:30:57 WIB
Aneh!  Bupati dan Wabup Terpilih Inhu Rezita Meilani Yopi-Junaidi Rahmad Belum Juga Dilantik Rezita Meilani Yopi ketika menerima SK penentapan oleh KPU Inhu. (Haluanriau.co)

PEKANBARU,HARIANHALUAN.COM-Keanehan  kini terjadi di Provinsi Riau. Pasangan Rezita Meilani Yopi – Junaidi Rahmad masih belum juga dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Indragiri Hulu (Inhu).

Padahal pasangan ini  sudah ditetapkan KPU Inhu  sebagai  Bupati dan Wakil Bupati terpilih setelah berhasil meriah suara terbanyak pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 dan kembali menena besar di PSU satu TPS.

Sempat dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada satu TPS di Desa Ringin Kecamatan Batang Gansal, namun pasangan dengan jargon Rajut tersebut tetap menjadi peraih suara terbanyak mengungguli empat kontestan lainnya.

Baca Juga : Seorang Wanita Lompat dari Lantai 3, Diduga Stres karena Positif Covid-19

Namun sekarang kembali timbul persoalan baru yang diawali dengan tidak digelarnya sidang paripurna istimewa oleh DPRD Indragiri Hulu untuk melakukan penetapan Bupati dan Wakil Bupati Indragiri Hulu terpilih berdasarkan keputusan KPU Indragiri Hulu.

Setelah tidak melakukan Paripurna, DPRD Indragiri Hulu ternyata langsung menyurati Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) Cq Gubernur Riau, tanpa melalui Pemkab Inhu dan KPU Indragiri Hulu.

Ini menjadikan jadwal pelantikan Rezita – Junaidi menjadi terkatung katung.

“Jadwal pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Inhu belum dapat diketahui karena memang DPRD langsung yang menyurati Kemendagri melalui Gubernur Riau. Pemkab Inhu sendiri tidak mendapatkan tembusannya, ungkap Sekda Inhu Hendrizal.

“Saat ini kami sifatnya menunggu, apakah surat tersebut dapat diterima dalam masa 14 hari waktunya. Karena untuk bersurat kepada Kemendagri atau Gubernur kami tidak bisa melakukannya karena memang DPRD Inhu tidak memberikan tembusan ke Pemkab Inhu, jelas Sekda.

Hendrizal mengaku pihaknya sudah berkonsultasi ke KPU Indragiri Hulu dan KPU juga sifatnya menunggu karena memang harusnya surat tersebut melalui KPU Inhu ke Gubernur Riau.

“Sekarang kami menunggu saja sesuai konsultasi dengan KPU Inhu. Jika memang surat yang dikirim DPRD Inhu itu sah, maka akan dilanjutkan proses selanjutnya, tapi jika tidak tentunya kita akan kembali membuat langkah sesuai aturan yang ada, agar SK Bupati Inhu terpilih dapat dikeluarkan Kemendagri untuk dipersiapkan pelantikannya," tambah Hendrizal. (*)

Editor : Dodi | Sumber : Haluanriau.co
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]