Jack Miller Brace Podium, Rossi dan Marquez Bisa Apa?


Ahad, 16 Mei 2021 - 21:38:45 WIB
Jack Miller Brace Podium, Rossi dan Marquez Bisa Apa? Jack Miller dari tim Ducati berhasil meraih podium pertama Moto GP Perancis 2021. (Moto GP)

MOTOGP, HARIANHALUAN.COM - Pebalap Ducati, Jack Miller naik podium di balapan MotoGP Perancis 2021. Ini merupakan seri kelima dari Kejuaraan Dunia musim ini yang dihelat di Sirkuit Le Mans pada Minggu (16/5/2021) malam WIB. Jack Miller menjadi juara MotoGP Perancis ditemani Johann Zarco (Pramac Racing) dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha). 

Balapan MotoGP Perancis berjalan dipenuhi banyak drama, terutama perubahan cuaca yang menyebabkan flag-to-flag race. White flag dikibarkan pada lap keenam karena cuaca di Sirkuit Le Mans berubah dari cerah berawan menjadi hujan dengan angin. White flag membuat seluruh pebalap diperbolehkan mengganti motornya di pit lane. Marc Marquez (Repsol Honda) yang sering disebut raja flag-to-flag sempat memimpin balapan setelah seluruh pebalap masuk ke pit lane. 

Namun, keuntungan itu tidak dapat dimaksimalkan Marc Marquez. Pebalap asal Spanyol itu mengalami crash dua kali hingga akhirnya memilih tidak melanjutkan balapan pada lap ke-19. Di sisi lain, Jack Miller tampil sangat sempurna karena berhasil menjadi pemenang meskipun sempat mendapat hukuman double long lap penalty. Hukuman itu harus diterima Jack Miller karena memacu motornya melebihi kecepatan minimal di pit lane, yakni 60 km/jam. 

Baca Juga : Wacana Liga 2 Pakai Sistem Grup, Semen Padang FC Tolak Jadi Tuan Rumah

Ini adalah kemenangan kedua Jack Miller musim ini setelah awal Mei lalu menjadi yang tercepat di MotoGP Spanyol. MotoGP Perancis diputuskan dry race atau balapan kering meskipun cuaca di Sirkuit Le Mans mendung atau berawan. Sebelumnya, cuaca yang tidak menentu di Sirkuit Le Mans membuat Moto3 Perancis diputuskan wet race atau balapan basah sementara Moto2 Perancis dry race. 

Dikutip dari situs Crash dan Kompas.com, seluruh pebalap MotoGP Perancis memilih menggunakan ban soft-soft pada awal balapan. Jack Miller (Ducati) yang memulai balapan dari urutan ketiga melakukan start sempurna dan langsung memimpin pada lap pertama. Jack Miller memimpin setelah melewati duo Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo dan Maverick Vinales. 

Masuk lap kedua, Vinales sukses melewati Jack Miller untuk mengambil alih pimpimpan balapan. Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins menjadi pebalap yang paling impresif hingga lap ketiga. Sebab, Alex Rins sukses menempati urutan keempat pada lap ketiga meskipun start dari urutan 15. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) menjadi pebalap pertama yang terjatuh dan gagal menyelesaikan balapan MotoGP Perancis. Pebalap asal Italia itu mengalami crash ketika hendak melewati tikungan 12.

Pada lap keempat, para stewards mengibarkan white flag yang berarti seluruh pebalap bisa masuk ke pit lane untuk mengganti motornya. White flag dikibarkan karena cuaca di Sirkuit Le Mans sudah berubah hujan dan berangin. Ini adalah kali pertama terjadi flag-to-flag di balapan MotoGP dalam empat tahun terakhir sejak MotoGP Brno 2017. Seluruh pebalap bersamaan masuk ke pit lane untuk mengganti motor pada lap ke-6.  

Momen itu menguntungkan Marc Marquez (Repsol Honda) yang langsung menjadi pimpinan balapan seusai keluar dari pit lane. Marc Marquez memimpin diikuti oleh Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) dan Jack Miller. Jack Miller sukses menempati peringkat ketiga meskipun sempat menjalani hukuman dua kali double long lap penalty karena memacu motornya melebihi kecepatan minimal di pit lane, yakni 60 km/jam. 

Dalam tayangan ulang, kecepatan Jack Miller sempat menyentuh 72/km jam saat melintasi garis pit lane. Hukuman serupa juga menimpa rekan satu tim Jack Miller, Francesco Bagnaia. Memasuki lap ke-9, Marc Marquez mengalami crash di tikungan 12. Insiden itu membuat posisi Marc Marquez melorot sampai ke urutan 15. Pada lap ke-12, Fabio Quartararo harus menerima kenyataan dihukum satu kali long lap penalty. 

Hukuman itu harus diterima Quartataro karena melakukan pelanggaran salah masuk garasi di pit lane saat mengganti motornya. Hal itu membuat Quartararo harus merelakan posisi pimpinan balapan ke Jack Miller. Hingga lap ke-17, Jack Miller masih memimpin diikuti oleh Fabio Quartararo dan pebalap Pramac Racing, Johann Zarco. Jack Miller seperti melaju senidirian di depan karena sudah berhasil unggul 4,3 detik dari Quartararo pada lap ke-17. 

Pada lap ke-19, Marc Marquez kembali mengalami crash, kali ini di tikungan 6. Kecelakaan kali ini membuat Marc Marquez tidak bisa lagi melanjutkan balapan. Pada lap ke-22, Johann Zarco sukses menyalip Fabio Quartararo untuk mengambil alih posisi kedua. Hingga akhir balapan, tiga besar tidak berubah, yakni Jack Miller, Johann Zarcao dan Fabio Quartararo. (*)

Editor : Agoes Embun | Sumber : dari berbagai sumber
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]