Air Sungai Meluap, Tiga Rumah Warga Terendam di Solok Selatan


Ahad, 16 Mei 2021 - 21:47:02 WIB
Air Sungai Meluap, Tiga Rumah Warga Terendam di Solok Selatan Rumah warga yang berada dibibir sungai terancam oleh luapan air bah.

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Air Sungai Pangkua meluap dan merendam tiga unit rumah warga di Jorong tersebut, Nagari Pakan Rabaa, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD). Luapan air sungai ini akibat intesitas curah hujan cukup tinggi di kabupaten Solok Selatan (Solsel) sampai Minggu (16/5/2021) sekira pukul 17.30 WIB.

Camat KPGD, Syahrul mengatakan akibat curah hujan yang cukup tinggi beberapa hari ini mengakibatkan debit air sungai di Jorong Sungai Pangkua meluap dan merendam tiga unit rumah warga.

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

"Air masuk rumah warga dengan kedalaman sekitar 50 sentimeter namun jika hujan tidak kunjung berhenti bakal mengancam 10 Kepala Keluarga (KK) disekitar sungai Batang Pangkua," ujarnya.

Baca Juga : Seorang Wanita Lompat dari Lantai 3, Diduga Stres karena Positif Covid-19

Tidak hanya rumah warga, kata Syahrul, luapan air sungai juga akan mengancam fasilitas pendidikan yang ada disekitar. Yakni, SMAN 5 Solsel dan MTsN Pakan Rabaa.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

"Sungai Pangkua memiliki lebar sekitar 4 meter dan mengalami pendangkalan akibat material berupa kerikil dan pasir. Perlu dilakukan pengerukan setidaknya untuk sekitar 600 meter perlu dikeruk," sebutnya.

Selain itu, dampak intensitas hujan juga berakibat meluapnya air sungai di Jorong Batang Lolo Panduang.

"Di Batang Lolo Panduang sejauh ini belum ada laporan rumah ataupun fasilitas publik yang terendam, hanya air meluap ke jalan," katanya.

Pihaknya, mendapatkan informasi langsung menuju lokasi dan mengimbau warga untuk selalu waspada, mengingat curah hujan yang cukup tinggi.

"Tiga unit rumah warga yang terendam air sungai itu masih bisa ditempati. Tapi, jika hujan masih turun, kami imbau untuk segera mengungsi untuk sementara waktu ke rumah ibadah yang ada disekitar lokasi," tutupnya. (*)

Reporter : Jefli | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]