Banjir Bandang Tapan, Warga Memilih Tidur di Musala


Senin, 17 Mei 2021 - 06:52:16 WIB
Banjir Bandang Tapan, Warga Memilih Tidur di Musala Kondisi banjir bandang yang terjadi di Tapan, Pesisir Selatan. (istimewa)

TAPAN, HARIANHALUAN.COM - Banjir bandang terjadi di Nagari Binjai, Kecamatan Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan, Minggu (16/5/2021) hingga Senin (17/5/2021) dinihari menyebabkan tiga kampung terdampak. Peristiwa ini terjadi karena luapan sungai Batang Tapan akibat curah hujan yang tinggi dari hulu sungai Sako, Tapan. 

"Kondisi sungai memang saat ini dangkal, jadi air Batang Tapan meluap ke pemukiman warga. Meskipun sudah agak surut, kita tetap minta masyarakat di sekitar lokasi ini untuk terus waspada," kata Kapolsek Tapan Iptu Gusmanto pada Senin (17/5/2021) pagi.

Disebut Kapolsek, banjir bandang tersebut mengakibatkan tiga daerah terdampak, yakni, mulai dari Kampung Binjai yang berasal dari sungai dangkal melintas di Kampung Tangah dan berakhir di Kampung Pondok. Hingga saat ini, belum diketahui berapa jumlah bangunan atau rumah yang terdampak.

Baca Juga : Jual Materai Palsu, Pria 28 Tahun Ditangkap Polisi

"Sebagian warga bahakan memilih tidur di Musala karena genangan air meninggi. Saat ini hujan masih deras, kita imbau warga agar selalu waspada. Personel kita dan juga BPBD masih standby di lokasi," ujarnya.

Tidak hanya itu, kata Kapolsek, hujan deras di lokasi tersebut juga menyebabkan longsor di jalan Jangki Ayam, Sako. Akses jalan tersebut sempat terputus selama dua jam, namun setelah penanganan selama dua jam lebih, jalur tersebut akhirnya kembali bisa dilewati. (*)

Reporter : Agoes Embun | Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]