Perguruan Thawalib Buka Penerimaan Santri Baru sampai Mei 2021


Senin, 17 Mei 2021 - 09:13:00 WIB
Perguruan Thawalib Buka Penerimaan Santri Baru sampai Mei 2021 Para santriwati di Perguruan Thawalib.

PADANGPANJANG, HARIANHALUAN.COM - Perguruan Thawalib Padang Panjang membuka penerimaan santri baru untuk jenjang pendidikan Tsanawiyah (setingkat SMP) dan Kuliyatul Ulum El-Islamiyah (setingkat aliyah/SMA) sampai akhir Mei 2021. Penerimaan santri untuk laki laki dan perempuan dengan lokasi kampus yang terpisah serta menggunakan sistim pendidikan boarding school atau sistim berasrama.

Untuk pendaftaran calon santri baru bisa dilakukan dengan datang langsung ke kampus Perguruan Thawalib bagian putra di Jalan Abd Hamid Hakim No.12, Kelurahan Pasar Usang Padang Panjang dan kampus bagian putri di Jalan H. Agus Salim No 18, Kelurahan Guguk Melintang, Padang Panjang. Pendaftaran juga bisa dilakukan secara online dengan membuka website: www.thawalibpadangpanjang.sch.id atau mengunggah di playstore dengan menuliskan Thawalib Padang Panjang.

Wakil Sekretaris Yayasan Thawalib Padang Panjang Fahmi, Senin (17/5/2021) menjelaskan, pembukaan pendaftaran penerimaan santri saat ini memasuki gelombang kedua dengan batas waktu pendaftaran sampai tanggal 31 Mei 2021. "Penerimaan santri baru untuk pendaftaran gelombang kedua sampai tanggal 31 Mei 2021," katanya.

Baca Juga : Unilak Pekanbaru Jalin Kerja Sama dengan BSN RI

Bagi calon santri lulusan sekolah dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah yang ingin daftar untuk masuk Tsanawiyah Thawalib putra atau putri, persyaratan yang harus dipenuhi selain membeli formulir pendaftaran sebesar Rp100 ribu juga menyiapkan sejumlah berkas seperti fotokopi rapor sebanyak tiga lembar, fotokopi akta kelahiran tiga lembar, fotokopi kartu keluarga tiga lembar, pas foto ukuran 3X4 sebanyak tiga lembar, fotokopi Surat Keterangan lulus atau fotokopi ijazah.

Sementara untuk calon santri lulusan Tsanawiyah atau SMP yang ingin masuk ke jenjan pendidikan Kuliyatul Ulum El-Islamiyah (KUI) putra atau putri, syarat pendaftarannya sama dengan apa yang ditetapkan yakni membeli formulir pendaftaran, foto copy rapor, kartu keluarga, akta kelahiran, surat keterangan lulus atau ijazah  dan pas foto.

Menurut Fahmi, para calon santri yang melakukan pendaftaran, maka mengikuti proses seleksi yang dilakukan oleh panitia PPDB. "Setelah mendaftar, maka untuk menentukan kelulusan atau diterima di Tsanawiyah Thawalib maupun di KUI harus mengikuti tes. Untuk tes dilakukan bisa secara langsung (offline) maupun dilakukan secara online," jelasnya.

Sistim Boarding School
Bendahara Yayasan Thawalib H. Fauzan menambahkan, seluruh santri untuk tingkat Tsanawiyah Thawalib  dan KUI menggunakan sistim boarding school atau sekolah berasrama. Para calon santri akan tinggal di asrama dengan bimbingan oleh guru asrama selama 24 jam. Dijelaskan Fauzan, para santri nanti selain mendapatkan pendidikan pada pagi sampai siang hari di sekolah, juga akan menerima layanan pendidikan di asrama dari sore sampai malam hari. 

Kemudian juga diberikan berbagai kegiatan ekstrakurikuler lainnya. "Para santri yang tinggal di asrama mendapatkan layanan pendidikan 24 jam. Mereka dibimbing oleh para guru asrama baik dalam masalah ibadah, kegiatan ekstrakurikuler seperti thafiz al-Quran, membaca kitab, latihan pidato dan sebagainya," kata Fauzan.

Mengenai biaya masuk untuk Tsanawiyah Thawalib yakni meliputi biaya uang kelengkapan asrama, uang pakaian seragam, uang prasarana dan uang pangkal serta biaya satu bulan pertama. "Untuk biaya masuk Tsanawiyah Thawalib totalnya sebesar Rp 10.480.000, sudah termasuk biaya satu bulan pertama belajar yakni, biaya makan (katering) satu bulan, biaya laundry, biaya asrama dan biaya SPP," kata Fauzan.

Sedangkan, untuk biaya masuk Kuliyatul Ulum El-Islamiyah sebesar Rp 10.980.000 yang mencakup biaya pakaian seragam, biaya kelengkapan asrama seperti tempat tidur, kasur, lemari, bantal dan selimut. Kemudian biaya uang pangkal dan prasarana serta biaya satu bulan pertama yaitu katering, laundri, uang SPP dan uang asrama.

Kata Fauzan, para santri yang tinggal di asrama diberikan layanan katering setiap hari dengan makan pagi, siang dan malam hari. Kemudian, pakaian santri juga diberikan layanan laundri. "Jadi selama santri tinggal di asrama, diberikan layanan untuk makan dan cuci pakaian. Sehingga para santri fokus untuk belajar," jelasnya.

Dengan layanan yang diterima para santri tersebut, maka biaya bulanan bagi santri yang tinggal di asrama adalah sebesar Rp1.680.000. Biaya tersebut adalah untuk biaya katering satu bulan, biaya laundri, biaya SPP dan biaya asrama. Para santri Thawalib ditekankan dalam pembelajaran kitab, pembelajaran bahasa asing, hafal al-Quran dan pelaksanaan ibadah seperti salat berjamaah, ibadah puasa sunat dan sebagainya. (*) 

Editor : Agoes Embun | Sumber : relis

BERITA TERKINI Index »

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]