Senang Terdaftar Sebagai Peserta JKN-KIS, N. Hidayah Tak Panik lagi saat Berobat


Senin, 17 Mei 2021 - 09:19:28 WIB
Senang Terdaftar Sebagai Peserta JKN-KIS, N. Hidayah Tak Panik lagi saat Berobat Peserta JKN-KIS, N. Hidayat.

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Siapa yang tidak senang setiap kali berobat selalu gratis dan sudah dibayarkan. Begitulah yang dialami N Hidayah, ibu rumah tangga asal Nagari Mungo, Kecamatan Luak, Kabupaten Limapuluh Kota. Wanita 28 tahun itu, terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). 

Dengan memiliki kartu JKN KIS tersebut, N Hidayah tidak perlu panik lagi terutama untuk memikirkan biaya berobat. "Alhamdulillah, kami sekeluarga berobat gratis berkat adanya JKN-KIS," kata N Hidayah beberapa hari lalu. 

Dikatakan ibu empat anak itu, kepesertaan dirinya pada program JKS-KIS sepenuhnya sudah ditanggung oleh negara. Sehingga dirinya tidak perlu memikirkan biaya iuran yang harus dibayar setiap bulannya. Kemudian, terhadap fasilitas, N Hidayah menilai cukup baik. Apalagi pelayanan petugas kesehatan pada fasilitas kesehatan sangat baik.

Baca Juga : Ketua TP PKK Agam Ikuti Pelantikan Pengurus TP PKK Pusat Secara Virtual

"Fasilitas ya hampir sama antara pasien umum dengan pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Yang penting syarat lengkap dan langsung diproses oleh petugas kesehatan," katanya.

Meski untuk jaminan kesehatan dirinya sudah ditanggung pemerintah, N Hidayah tetap mendapatkan pelayanan dengan baik, tidak dipandang sebelah mata oleh petugas. "Terutama ketika pengurusan administrasi saat berobat, tetap dilayani dengan baik. Alhamdulillah," ucapnya lagi.

Dikatakannya, N Hidayah beserta anggota keluarga tidak memiliki riwayat penyakit berat atau penyakit terlalu serius. Tetapi dengan JKN-KIS dirinya sangat terbantu setiap kali berobat ke fasilitas kesehatan seperti ke Pusat Kesehatan Nagari (Puskesri) atau ke Puskesmas Mungo yang menjadi rujukan pertama untuk berobat.

"Seperti penyakit ringan, demam atau batuk. Kadang-kadang untuk berobat anak yang tidak enak badan langsung dibawa ke Puskesri atau Puskesmas untuk berobat. Semuanya gratis," ucapnya lagi.

Selain itu, N Hidayah berpendapat, meski tidak memiliki riwayat penyakit berat, tetapi terdaftar dan ikut program JKN-KIS juga sebagai tabungan, sebagai benteng diri untuk berobat dikemudian hari. "Sekarang sehat, mana tau besok sakit. Itulah perlunya program JKN-KIS sebagai persiapan ketika sakit datang. Sehingga kita tidak ribet lagi memikirkan biaya untuk berobat," katanya lagi. (*)

Reporter : Dadang | Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]