Langgar Aturan Larangan Mudik, Bupati Sutan Riska Siapkan Sanksi Tegas untuk ASN


Senin, 17 Mei 2021 - 10:12:51 WIB
Langgar Aturan Larangan Mudik, Bupati Sutan Riska Siapkan Sanksi Tegas untuk ASN Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan saat memimpin apel gabungan secara virtual dengan seluruh pimpinan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) setempat, Senin (17/5/2021).

PULAU PUNJUANG, HARIANHALUAN.COM - Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan memastikan akan menjatuhkan sanksi tegas kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) itu yang melanggar aturan tentang larangan mudik lebaran Idulfitri 1440 Hijriah.

Ketegasan itu dia sampaikan saat memimpin apel gabungan secara virtual dengan seluruh pimpinan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) setempat, Senin (17/5/2021). Bagi ASN yang tidak mematuhi aturan ini, dipastikan ada sanksi yang diberikan sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin ASN.

"Menindaklanjuti aturan pemerintah terkait pelarangan mudik lebaran untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19, saya selaku Bupati sudah mengingatkan seluruh ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Dharmasraya untuk tidak melakukan perjalanan meninggalkan daerah selama masa pelarangan mudik," sebutnya. 

Baca Juga : Update COVID-19: Empat Nagari di Dharmasraya Sumbang 4 Kasus Positif Hari Ini

Menurutnya, sesuai regulasi tersebut jika kedapatan masih ada yang melakukan perjalanan meninggalkan daerah di masa pelarangan mudik lebaran dan tercatat dalam rekapitulasi tidak melaporkan keberadaan posisi di dalam daerah yang dibuktikan melalui aplikasi membagikan lokasi, akan ditindaklanjuti penerapan sanksinya oleh tim penilai kinerja ASN di bawah koordinator Sekretaris Daerah Kabupaten Dharmasraya. 

"Termasuk zoom meeting hari ini, bagi yang tidak hadir juga, saya akan memberikan sanksi yang lebih berat," tegasnya. 

Dia mengatakan, kepatuhan terhadap regulasi itu akan menjadi catatan penting bagi dirinya dan wakil bupati setempat sebagai bahan evaluasi kinerja ASN ke depannya. "Saya mengapresiasi ASN yang tetap di tempat dan mematuhi imbauan yang saya sampaikan," ujarnya. 

Pada kesempatan itu, dia atas nama pribadi, keluarga dan pemerintah daerah juga mengucapkan selamat idul fitri kepada seluruh ASN. "Terus tingkatkan disiplin dan kinerja sebagai aparatur negara. Serta tetap istiqomah dan berkomitmen mematuhi protokol kesehatan. ASN hendaknya menjadi contoh bagi masyarakat," tutupnya. 

Sebelumnya, jelang perayaan Lebaran Idulfitri 1442 Hijriah, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan kembali menegaskan larangan melakukan aktivitas mudik bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah itu, Selasa (11/5/2021). "Hal itu sesuai edaran Menpan RB, Tjahjo Kumolo dan Mendagri Tito Karnavian dan berlaku menyeluruh tanpa terkecuali bagi seluruh pegawai pemerintah," ungkapnya.

Dalam pelaksanaannya, seluruh Kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) bertanggungjawab terhadap kedisiplinan anggotanya dengan tetap melihat, mengecek dan memberikan laporan keberadaan seluruh anggotanya kepada Bupati. (*)

Reporter : Rully Firmansyah | Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]