Sempat Dilaporkan Hilang, Pencari Kepiting di Pasaman Barat Hadang Badai hingga Ditemukan Selamat


Senin, 17 Mei 2021 - 11:26:14 WIB
Sempat Dilaporkan Hilang, Pencari Kepiting di Pasaman Barat Hadang Badai hingga Ditemukan Selamat Evakuasi nelayan yang hilang usai ditemukan selamat di pantai Sasak, Pasaman Barat.

SASAK, HARIANHALUAN.COM - Seorang nelayan yang mencari kepiting di laut Pantai Sasak, Kabupaten Pasaman Barat dilaporkan hilang pada Minggu (16/5/2021) sekitar pukul 08.05 WIB. Namun, pada Senin (17/5/2021) pagi, tim Basarnas yang melakukan pencarian akhirnya menemukan korban dengan selamat. 

Informasi yang dihimpun harianhaluan.com, korban yang diketahui bernama Buyung Herman (39) itu dilaporkan hilang saat melaut mencari kepiting di laut dan kapal yang dibawanya dihadang badai. Kepala Jorong Pondok Nagari Sasak Hendrik pun melaporkan hal tersebut ke Pos SAR Pasaman Barat.

Mendapat laporan tersebut, Pos SAR Pasaman Barat pun menurunkan lima orang rescuer untuk melakukan pencarian menggunakan D-Max, Pal Air, Pal Kom, LCR, Pal SAR Covid-19 dan Pal Medis. Nelayan ini dilaporkan hilang sekitar 22,56 Kilometer dengan estimasi sejam perjalanan dari Pos Basarnas Pasaman.

Baca Juga : Heroik! Pria Lansia Berduel dengan Beruang di Pasaman Barat, Nyawanya Selamat 

"Korban ini dilaporkan menghilang berjarak 15 meter dari bibir pantai dengan menggunakan sampan," tutur Kepala Basarnas Padang, Asnedi kepada harianhaluan.com.

Namun, setelah melakukan pencarian sejak Senin pagi, tim SAR Pasaman Barat akhirnya menemukan keberadaan korban lengkap dengan sampannya. Korban ini ditemukan sekitar lima mil dari titik awal ke arah barat daya dengan kondisi selamat. 

"Dia bertahan selama badai menghadang, bahkan sampan yang digunakannya tersebut sempat mati mesin. Beruntung, kita menemukannya pagi ini dan langsung melakukan evakuasi. Dengan temuan ini, pencarian tim pun berakhir," tutup Asnedi. (*)

Reporter : Agoes Embun | Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]