Sumarak Alek Nagari, Koarsa Laksanakan Sunatan Massal di Sungai Batang


Senin, 17 Mei 2021 - 14:07:55 WIB
Sumarak Alek Nagari, Koarsa Laksanakan Sunatan Massal di Sungai Batang Sunatan Massal Gratis  di Sungai Batang dan foto bersama Bupati Agam. (Ist-Harianhaluan.com)

AGAM,HARIANHALUAN.COM-Konco Arek Sahati (KOARSA),  kembali melaksanakan aksi amal jariyah. Kali ini berupa Sunatan Massal Gratis  bagi  anak-anak di  tanah kelahiran Buya Hamka, Nagari Sungai Batang, Tanjung Raya, Kabupaten Agam.

Bertempat di SD Labuah Sunngai Batang pada Ahad (16/5/2021),  sebanyak 27 orang anak-anak yang berasal dari segenap pelosok Nagari Sungai Batang Maninjau  dikhitan oleh dokter tim medis Koarsa. 

Menurut  Ketua I Koarsa Foundation Vera Primadewi, suasan kali ini  sungguh semarak dan membahagiakan kita semua. Dua hari sebelumnya,  anak-anak yang akan dikhitan  diarak keliling kampung, lalu diinapkan di sekolah selama dua malam. Mereka diistimewakan dan  sanbat disayangi keluarga,.

Baca Juga : Denda Tak Patuh Prokes di Sumbar Capai Puluhan Juta Rupiah, Untuk Apa Ya?

Para orang tua yang anaknya akan dikhitan datang  membawa beras, kelapa hingga kayu bakar. Masyarakat  juga datang dengan membawa juadah untuk baralek gadang.

Juga  ada  tilawah, tausyiah dan doa bersama, ada pula kanduri besar dan atraksi tambua tansa yang tidak henti ditabuh oleh anak nagari peledstari seni budaya tradisi.


"Alhamdulillah, suasana  di tanah kelahiran ulama besar Buya Hamka ini sungguh sangat menyemangati segenap pembina, pengurus dan relawan Koarsa untuk terus berbakti pada ummat," tutur Awie.

Alhamdulillah, dengan tuntasnya sunatan gratis bagi  27 orang anak hari ini,  maka sudah  232 orang anak yang dikhitan. Namun untuk mengapai target Koarsa tahun 2021,  Insyaallah 1.789  lagi  akan  menyusul.

Pembina Koarsa yang juga Bupati Agam, Andri Warman ketika datang ke lokasi Sunatan Massal ini  kembali menyemangati para aktivis Koarsa untuk terus melaksanakan yang terbaik  bagi masyarakat. 

Menurut Bupati AWR,  pengabdian Koarsa sangat dibutuhkan masyarakat, dan kita tentu akan terus mendukung Koarsa untuk melaksanakan pengabdian itu.

Sunatan massal  ditutup dengan survey beberapa titik lokasi.  Dipimpin ketua gadang Dedi Vestrawan dan pembina Dhames, salah satu daerah survey adalah Lambah hulu  batang aia Ranggeh. Di atas bukit dengan hamparan sawah berjenjang itulah,  InsyaAllah akan dibangun satu lagi Surau Fisabilillah.  (*)

Reporter : Dnurja | Editor : Dodi
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]