Jangan Emosi Dulu! Begini Cara Komplain jika Barang COD Tak Sesuai Pesanan


Senin, 17 Mei 2021 - 20:25:13 WIB
Jangan Emosi Dulu! Begini Cara Komplain jika Barang COD Tak Sesuai Pesanan Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Saat ini belanja online sudah menjadi gaya hidup sebagian orang. Selain praktis, e-commerce juga mempunyai metode cash on delivery (COD). Teranyar, viral sebuah postingan yang menayangkan kompalin terhadap metode COD karena pesanannya tidak sesuai.

Lantas apa itu COD?

COD merupakan salah satu fitur di e-commerce yang memungkinkan pembeli membayar pesanannya setelah pesanan sampai. Fitur ini berbeda dengan metode pembayaran lainnya yang harus dilakukan sebelum barang diproses penjual.

Bagaimana jika barang yang diterima tidak sesuai dengan pesanan? Apakah tetap bisa dikembalikan kepada penjual? External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengatakan, pengguna yang melakukan transaksi COD dapat melakukan pengembalian barang.

Baca Juga : Realme 8 5G Resmi Diluncurkan, Ini Dia Jeroannya!

Pengembalian barang bisa dilakukan sebelum atau sesudah pembeli membuka paket/kiriman barang.

“Apabila pengguna sudah membuka paket/kiriman barang dan ingin melakukan pengembalian barang, maka pengguna wajib membayar semua pesanan kepada mitra kurir dan mengajukan komplain pengembalian barang atau return kepada penjual melalui pusat resolusi yang tersedia,” ungkap Chandra dikutip dari Kompas.com, Senin (17/5/2021).

Chandra mengatakan, pihaknya terus mengedukasi pengguna terkait langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam menjaga transaksi belanja yang aman dan nyaman, seperti memastikan reputasi toko penjual serta deskripsi dan ulasan produk dari pembeli.

“Kami juga menyarankan masyarakat untuk tidak melanjutkan komunikasi dan transaksi di luar platform Tokopedia, serta merekam video ketika membuka paket,” ungkap dia.

Jika masih menemukan produk yang melanggar, baik syarat dan ketentuan platform maupun hukum yang berlaku di Indonesia, masyarakat bisa ikut melaporkannya melalui fitur "Laporkan" yang ada di pojok kanan atas setiap halaman produk. (*)

Editor : Milna Miana | Sumber : Kompas.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]